Alasan Utama Mengapa Microsoft Edge Akhirnya Pantas Menjadi 'Browser Default'

Kami yakin tidak ada penggemar teknologi yang akan menggunakan Internet Explorer kecuali terpaksa. Kami juga memiliki banyak teman yang terbiasa dengan Internet Explorer, internet ‘terasa berbeda’ di browser lain. Kini, pengembangan Internet Explorer telah dihentikan demi browser Edge di Windows 10 dan versi final, IE11, dirilis tiga tahun lalu pada tahun 2013. Meski demikian, para penggemar teknologi masih berpikir itu hanya nama lain IE, dan orang biasa berpikir bahwa Edge terlalu berbeda dari IE untuk mengantikannya.

Namun dengan Windows 10 Creators Update baru-baru ini, Edge mungkin sudah mencapai keunggulannya. Ketimbang memberi tahu Anda seberapa cepat dan efisien browser ini, berikut fitur utama yang menjadikan Edge lebih berfungsi dan terintegrasi dibandingkan sebelumnya.

Manajemen Tab

Apakah Anda pernah harus membahas sebuah topik di mana berakhir dengan sekumpulan website yang tidak ingin Anda simpan? Manajemen Tab dari Edge pada dasarnya memungkinkan Anda “mengesampingkan” tab aktif untuk dibaca kemudian. Anda dapat mengesampingkan dan mengeluarkan sekumpulan tab dengan satu klik. Fitur ini mirip dengan browser lain yang memungkinkan Anda menyimpan “bagian”, tetapi dengan Edge, hal ini terasa lebih intuitif, lancar dan alami. Edge juga memiliki tampilan tab melebar dengan satu kali klik, sehingga Anda dapat langsung mencari halaman yang diinginkan tanpa menghabiskan waktu dalam mencari tab.

Terjemahan

Alih-alih harus pergi ke Google Translate ketika ingin menerjemahkan sesuatu, kini Anda dapat menginstal Translator sebagai ektensi browser dan Anda langsung dapat menerjemahkan seluruh halaman web atau teks. Anda dapat mengunduh translator dari menu Extensions pada Edge atau Microsoft Store.

e-book

Microsoft mengenalkan dukungan epub dalam Edge, artinya Anda kini dapat membuka dan membaca e-book dalam browser tersebut. Creator Update juga menghadirkan tab Books di Microsoft Store untuk Anda yang ingin membeli buku digital. Jika Anda memiliki Creators Update dan tidak dapat melihat tab Book, itu karena fitur tersebut saat ini hanya tersedia di Amerika Serikat. Namun, untuk mengaktifkannya sangat mudah, cukup pergi ke Settings > Region & Language dan ubah negara Anda menjadi United States. Tidak memerlukan restart atau log in kembali.

Netflix 4K

Microsoft Edge adalah satu-satunya browser yang mendukung streaming Netflix 4K. Bukan Chrome, bukan Firefox, bukan Opera, bukan Safari. Hal ini disebabkan oleh tambahan fitur DRM yang hanya tersedia dengan Creators Update. Tentu saja, Anda harus puas dengan kondisi berikut. Selain membutuhkan Windows 10 dengan Creators Update, PC Anda harus memiliki prosesor Intel Kaby Lake, dan Anda harus mendaftar biaya Netflix 4K.