ASUS ZenFone 3 Max: Bukan Semata Kapasitas Baterai


ASUS ZenFone 3 Max: Pengantar, Desain, dan Fitur

Pengantar

Seperti lini smartphone ZenFone 2, ASUS menawarkan pula beragam varian di bawah lini ZenFone 3. Salah satu yang terbaru adalah ASUS ZenFone 3 Max 5,5 inci (ZC553KL) yang mengusung baterai berkapasitas besar 4100 mAh sebagai fitur utamanya. Sayangnya, kapasitas baterai tersebut mengalami penurunan dibandingkan pendahulunya ZenFone Max yang dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh.

Bagaimanapun, ZenFone 3 Max tetap mempertahankan fitur baterai berkapasitas besar dan menawarkan pembaruan SoC sebagai pusat komputasi. Untuk meningkatkan daya tarik, smartphone Max terbaru mengusung bahasa desain ZenFone 3 yang menarik serta tetap ditawarkan dengan harga terjangkau yakni Rp. 3.099.000.

Jadi, bagaimana performa baterai ZenFone 3 Max? Akan sama bagusnya dengan sang pendahulu, atau bahkan lebih lebih baik? Mari kita simak bersama.

Perbandingkan smartphone ASUS ZenFone Max
 
Harga
  • Rp. 3.099.000
  • Rp. 2.299.000
Jaringan
  • Hingga 4G LTE
-
Sistem operasi
  • Android 6.0 dengan ASUS ZenUI 3.0
  • Android 5.0 Lollipop dengan ASUS ZenUI
Prosesor
  • Qualcomm Snapdragon 430 octa-core, 1,40 GHz
  • Qualcomm Snapdragon 410 quad-core 1,2 GHz
Memori RAM
  • RAM 3 GB
  • RAM 2 GB
Layar
  • 5,5 inci / 1920 x 1080 piksel / IPS
  • 5,5 inci / 1280 x 720 piksel / IPS
Kamera
  • Belakang: 13 megapiksel, f/2.2, Super Resolution, Backlight (Super HDR)
  • Depan: 5 megapiksel, f/2.2
  • Belakang: 13 megapiksel dengan aperture f/2.0 , otofokus laser , dual-color Real Tone Flash dan teknologi PixelMaster
  • Depan: 5 megapiksel dengan aperturef/2.0 , lensa sudut lebar 88 derajat, otofokus dan teknologi PixelMaster
Audio
  • Microphone ganda dengan noise cancellation
-
Konektivitas
  • Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0, USB OTG, Wi-Fi Dirct
  • Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0 + EDR + A2DP, GPS, GLONASS, AGPS & BDS
Tipe Penyimpanan
  • 32 GB (ekspansi via microSD)
  • 16 GB dukungan microSD hingga 64 GB
Baterai
  • 4100 mAh
  • 5000 mAh
Dimensi
  • 151,4 x 76,24 x 8,3 mm
  • 156 x 77,5 x 5,2 ~ 10,55 mm
Bobot
  • 175 gram
  • 202 gram

Desain

Oleh karena ZenFone 3 Max mengikuti bahasa desain model ASUS ZenFone 3, smartphone berkapasitas baterai besar terjangkau ini terlihat menawan meski mengusung banderol harga menarik. Menurut ASUS, ZenFone 3 Max menggunakan material bodi aluminium alloy yang dihaluskan dengan ampelas pasir, sedangkan bagian depan dilengkapi dengan kaca melengkung 2.5D. Dua garis antena di bagian belakang tak lepas dari sentuhan dengan tampilan mengilap yang melengkapi desain premiumnya.

Kamera belakang ZenFone 3 Max berada di bawah garis permukaan bodi atau tidak menonjol – sesuatu yang tidak bisa dicapai pada model ZenFone 3 karena mengusung elemen lensa lebih banyak dan profil bodi tipis. Tidak banyak yang bisa diharapkan dari sebuah smartphone seharga 3 juta-an, tapi ZenFone 3 Max benar-benar menunjukkan sebuah desain yang menarik dan masuk akal di tingkatan harganya.

ASUS ZenFone 3 Max memancarkan aura smartphone elegan dan ringan meskipun mengusung baterai berkapasitas besar. Ketebalannya 8,55 mm dan ringan dalam genggaman dengan bobot 175 gram. ZenFone 3 Max 5,5 inci berbobot lebih ringan 54 gram dibandingkan dengan pendahulunya ZenFone Max yang memiliki bobot 202 gram, namun ZenFone 3 Max 5,5 inci mesti mengorbankan kapasitas baterai 900 mAh lebih rendah. Ketebalan dan lebar ZenFone 3 Max 5,5 inci memberikan genggaman yang mantap di tangan. Jajaran tombol juga diletakkan di posisi yang nyaman – jari telunjuk bisa dengan tepat diletakkan pada sensor sidik jari, sedangkan jari tengah bisa menggapai tombol daya saat menggenggamnya dengan tangan kiri. Ya, Anda tidak salah baca, smartphone entry-level ini tidak hanya menyuguhkan rancangan bangun premium tapi juga mengusung sensor sidik jari – sebuah fitur yang tidak tersedia pada model pendahulu.  

Layar & Audio

ASUS ZenFone 3 Max menggunakan layar IPS 5,5 inci Full HD 1920 x 1080 piksel. Menurut ASUS, layar tersebut memiliki tingkat kecerahan 400 cd/m2. Reproduksi warna dan ketajaman layar tergolong memadai dengan warna-warna alami dan nuansa warna hangat.

Berbeda dari ZenFone 3 Max 5,2 inci yang menggunakan softkey atau tombol virtual milik Android, ZenFone 3 Max 5,5 inci telah menggunakan tombol fisik yang ada di bagian "dagu" smartphone. Dengan demikian, area layar kini dapat sepenuhnya digunakan oleh pengguna untuk menikmati konten maupun menjalankan aplikasi.

Audio pada ZenFone 3 Max fungsional dengan suara speaker yang tergolong kencang.

UI & Fitur

ZenUI 3.0

Bagi yang telah mengenal lini smartphone ZenFone maka antarmuka ZenUI 3.0 yang berjalan di atas sistem operasi Google Android 6.0 (Marshmallow) sudah tidak asing lagi. Meskipun layar 5,5 inci tergolong lega, namun antarmukanya membuat layar ZenFone 3 Max 5,5 inci sesak. Begitu dikeluarkan dari kotak kemasan, ZenFone 3 Max 5,5 inci mengsung dua halaman aplikasi di dalam App Drawer. Bahkan ada pembagian antara aplikasi bawaan dan aplikasi pihak ketiga. Meng-uninstall aplikasi pihak ketiga seharusnya bisa melegakan ruang media penyimpanan internal berkapasitas 32 GB yang telah digunakan sebesar 9,49 GB untuk sistem operasi.

Sensor sidik jari

Ketersediaan sensor sidik jari menjadikannya sebagai smartphone ASUS kedua yang hadir ke lab pengujian kami – smartphone pertama adalah ASUS ZenFone 3 5,2 inci (yang menjadi basis ZenFone 3 Max). Sensor sidik jari yang tersedia menyuguhkan performa responsif seperti sensor ZenFone 3.

USB On-The-Go

Kebanyakan smartphone menggunakan daya baterai untuk dirinya sendiri agar tetap bisa fungsional selama mungkin. Tidak demikian dengan ASUS ZenFone 3 Max karena smartphone ini mendukung USB OTG dan memungkinkannya mengisi ulang baterai perangkat lain menggunakan kabel USB OTG yang tersedia dalam paket pembelian. Fitur ini juga tersedia pada  pendahulunya, ZenFone Max, sehingga masuk akal jika ASUS menyediakan fungsi tersebut ke model penerusnya.

Secara default, ZenFone 3 Max mengisi ulang baterai perangkat lain dengan arus 0,5 A. Tersedia fungsi Rapid Reverse Charge yang mematikan fungsionalitas smartphone dan mengisi ulang perangkat lain dengan besaran arus listrik hingga 1,5 Ampere. Mode Rapid Reverse Charge bisa memonitor tingkat pengisian ulang dan smartphone tidak mengijinkan kapasitas baterai di bawah 30% saat mengisi ulang baterai perangkat lain. Anda bisa mematikan Reverse Charging dalam menu Settings yang akan menghentikan perangkat lain menarik daya dari ZenFone 3 Max saat dalam kondisi tidur. Fungsi tersebut membedakannya dari smartphone Android berkemampuan serupa.

Mobile Manager

Salah satu aplikasi bawaan berguna pada ASUS ZenFone 3 Max 5,5 inci adalah Mobile Manager. Di dalamnya akan Anda temukan lima mode penghematan daya yang bisa memperpanjang daya tahan baterai 4100 mAh. Mode Performance dan mode Normal memiliki fungsi yang cukup jelas, di mana mode Performance akan meningkatkan kecepatan CPU dan tingkat kecerahan layar. Mode Power Saving akan mematikan konektivitas jaringan saat smartphone tertidur, sedangkan mode Super Saving hanya menyediakan fungsi telepon, SMS, dan Alarm dan mematikan fungsi lainnya. Mode terakhir memungkinkan pengguna melakukan kustomisasi opsi penghematan daya sesuai pilihan. Namun opsi yang tersedia tidak terlalu mendalam; hanya tersedia pemilihan tingkat kecarahan layar High atau Smart dan memilih perilaku jaringan smartphone. Tidak ada opsi mikro-manajemen di luar opsi tersebut, tapi tergolong memadai untuk penggunaan sehari-hari.

Opsi penghematan daya lainnya termasuk penjadwalan waktu yang akan mengalihkan smartphone ke mode penghematan daya pilihan sesuai periode waktu yang ditentukan oleh pengguna. Opsi Battery Level secara otomatis mengalihkan mode daya smartphone saat kapasitas baterai di bawah 10%.

Di dalam Mobile Manager, Anda bisa menemukan kendali lainnya seperti App Permissions dan Data Usage. Fungsi tersebut berguna karena App Permissions memungkinkan pengguna membatasi aplikasi yang berjalan otomatis saat smartphone dinyalakan. Fungsi tersebut juga menyediakan cara mudah mematikan ijin tiap aplikasi. Data Usage memungkinkan Anda membatasi aplikasi tertentu untuk menggunakan data – hanya data mobile, hanya Wi-Fi, atau tidak kedua-duanya. Dengan demikian, Data Usage sangat membantu saat menjalankan aplikasi game sederhana yang menghabiskan paket data seluler saat menunjukkan iklan, tapi tidak membutuhkan koneksi internet untuk menjalankannya.