Keseruan Selfie - Sony Xperia C4 Dual

Sony Xperia C4 Dual

Tidak ada tanda-tanda fenomena selfie meredup, terlebih banyak vendor smartphone yang mengklaim memiliki beragam fitur untuk selfie. Salah satunya adalah Xperia C4 Dual terbaru dari Sony. Merupakan sebagai penerus Xperia C3 yang dikenalkan tahun lalu, C4 memiliki aneka peningkatan dalam sisi software dan hardware.

Xperia C4 Dual masih mengusung layar sebesar 5,5 inci namun kini dengan resolusi yang lebih tinggi Full HD ketimbang HD pada Xperia C3. Dari sisi dapur pacu, C4 Dual mendapatkan peningkatkan cukup signifikan yaitu RAM 2 GB, memori internal 16 GB dan prosesor octa core 1,7 GHz 64 bit. Resolusi kamera belakang juga mengalami peningkatan dari 8 MP menjadi 13 MP, namun kamera depan C4 Dual masih menggunakan sensor 5 MP lengkap dengan flash LED.

Selain lensa bersudut lebar, C4 Dual juga menambahkan fitur khusus untuk mengiringi kamera depannya sehingga melakukan selfie dapat lebih seru seperti fitur AR Mask yang memberikan sentuhan saat melakukan selfie sehingga memungkinkan Anda meletakkan wajah unik di atas wajah Anda. Anda pun dapat melakukan kreasi memotret dengan adanya aneka pengaturan seperti ISO, eksposur dan kecepatan shutter dengan memilih mode Manual. Layar C4 Dual menghadirkan warna pekat sehingga Anda tidak perlu merasa terganggu dengan pantulan cahaya ketika melakukan selfie di bawah terik matahari.

Dengan bobot lebih ringan 3 gram dibandingkan dengan pendahulunya, C4 Dual dilengkapi material matte unibodi dengan tombol daya, volume, dan shutter berada di sisi kanan smartphone. Namun kami merasa tombol volume berbentuk agak pendek dan berada di posisi terlalu di bawah sehingga kami agak kesulitan mengaksesnya dengan ibu jari. Tidak luput pula slot kartu SIM dan slot microSD yang mudah diakses tanpa memerlukan alat khusus. Untuk microSD, C4 Dual dapat mendukung hingga kapasitas 128 GB.

Diposisikan pada segmen kelas menengah, performa yang disuguhkan C4 Dual terbilang bagus dengan meraih skor 46370 pada aplikasi AnTuTu Benchmark yang menjadikannya berada di atas posisi OnePlus One. Gangguan lag pun tidak terasa saat memainkan game berat seperti Asphalt 8: Airborne. Namun kami merasa smartphone ini lebih cepat panas dibandingkan dengan smartphone lainnya.

Baterai 2.600 mAh pada C4 tidak dapat dikatakan sebagai sajian menonjol lantaran hanya mampu bertahan 4 jam 21 menit dengan pengujian yang melibatkan pemutaran film Full HD secara terus-menerus dengan volume dan kecerahan maksimal ditambah penarikan newsfeed dari Facebook, Twitter, dan email via koneksi Wi-Fi.

Terlepas dari persoalan daya tahan baterai dan temperatur, Xperia C4 Dual menghadirkan fitur seru saat melakukan selfie seperti AR Mask dan Style Portrait. Dengan kamera depan dilengkapi LED flash serta lensa bersudut lebar, smartphone ini menjadi salah-satu alternatif untuk bersedang-senang dengan teman.

 

Spesifikasi Sony Xperia C4 Dual
Prosesor MediaTek MTK6752 1,7 GHz octa-core 64 bit
OS Android 5.0 Lollipop
Dimensi 150,3 x 77,4 x 7,9 mm
Harga Rp. 4.499.000
Rating 8,5 dari 10,0