Lumix DMC-GM1 – Mungil dan Modis


Pengenalan, Desain & Pengoperasian

Pengenalan

Kamera sistem mirrorless akhirnya mencapai tahap yang selama ini mungkin tak pernah dicapai oleh kamera DSLR; masuk ke ranah fesyen. Beberapa waktu lalu, banyak kamera sistem mirrorless hadir dengan tampilan retro dengan desain kamera range finder, dan kini Panasonic menghadirkan Lumix GM1 yang berpenampilan modis.

Jika ada gender dalam dunia kamera maka GM1 ini akan masuk ke dalam gender wanita mengingat desainnya yang sangat stylist. Tidak sekedar mungil (pada saat diumumkan, ini merupakan kamera dengan lensa lepas-tukar terkecil di dunia) namun juga hadir dengan motif kulit serta tersedia dalam beberapa warna pilihan termasuk putih dan oranye.

Desain

Ukuran kecil ini juga tidak menjadikan Anda akan sulit mengakses aneka tombol ketika mengoperasikan karena semua tertata dengan rapi dan sesuai dengan kebutuhan. Mungkin Anda yang berjari besar akan sedikit kesulitan, namun untuk ukuran tangan rata-rata orang Asia, posisi tombol kontrol GM1 tetap tak akan menyulitkan.

Di bagian atas, selain pop-up flash dan mikrofon, Anda bisa menemukan tuas pengatur pilihan fokus yang melingkari tombol Fn1 yang bisa Anda gunakan untuk mengatur Wi-Fi. Tuas daya melingkari tombol shutter berada di sebelah kananya sementara cincin pengatur menu berada di paling kanan sehingga mudah diakses.

Di bagian belakang, Anda akan menemukan roda pengaturan yang bisa di-klik untuk mengatur kompensasi, White Balance, mode shutter dan sistem fokus. Tombol Menu ditempatkan di tengah roda gulir itu. Tombol Video berada di pinggir kanan atas, dan otomatis sedikit menempel pada ibu jari ketika menggenggam kamera ini, namun karena ada lingkaran pembatasnya Anda tidak akan secara tak sengaja menekan tombol ini.

Seperti biasa, Panasonic tetap memberikan tombol Q Menu untuk akses cepat ke pengaturan pomotretan. Dan, ditambah tombol Display dan tombol lampu flash, pada bagian belakang ini Anda tak akan menemukan tombol lain lagi.

Lensa

Ukuran GM1 yang kecil, oleh Panasonic diimbangi dengan adanya lensa baru yang khusus dengan pertimbangan dimensi keseluruhan ketika memotret. Jadi, Anda akan mendapat lensa G Vario 12 – 32 mm f/3.5 - 5.6 dalam paket pembeliannya.

Dengan ukuran lensa ini, GM1 mendapat mekanisme baru ketika dinyalakan. Selain memindahkan tuas On/Off, Anda harus memutar lensa ke kiri untuk bisa menggunakan kamera ini.

Lensa baru ini juga tak memiliki cincin putar untuk memfokus sehingga Anda tak bisa memfokus secara manual dengan lensa ini. Jika digunakan dengan menggunakan lensa Panasonic lain, yang saat ini sudah tersedia di pasaran, Anda bisa mengoperasikan kamera ini sama seperti seri Lumix lainnya.

Mendatang, Panasonic juga akan mengeluarkan beberapa lensa berdimensi khusus untuk GM1 seperti lensa 35 – 100 mm dan lainnya. Jadi nantinya Anda tak akan perlu repot oleh ukuran lensa yang besar ketika menggunakan bodi GM1 yang mungil – sekalipun ukuran lensa buatan Panasonic tetap lebih kecil dibanding lensa DSLR atau mirrorless lain.