NVIDIA GeForce GTX 1080: Raja Baru Telah Hadir


Pengantar

Dari lubuk hati, Anda menginginkan kartu grafis ini

Pascal akhirnya tiba. Meski pada 2014 NVIDIA merilis kartu grafis Maxwell generasi kedua dalam bentuk NVIDIA GeForce GTX 980 dan 970, pada tahun 2015, NVIDIA tidak melakukan inovasi baru untuk meningkatkan performa dan efisiensi daya. Yang ada adalah kartu grafis GeForce GTX Titan X dan 980 Ti dengan performa cadas namun masih berbasis desain Maxwell yang sama dengan kartu grafis sebelumnya.

Cukup sampai di situ. Saat ini, telah hadir kartu grafis GPU tunggal terkuat dengan nama NVIDIA GeForce GTX 1080. Sesuai predikatnya, kartu grafis ini memiliki beragam inovasi. Selain dibuat melalui proses FinFET 16nm seperti GeForce GTX 1070, GeForce GTX 1080 menjadi kartu grafis pertama dan satu-satunya yang memiliki memori GDDR5X.

Anda yang ingin melihat HBM2 pada kartu grafis Pascal mungkin akan kecewa namun GDDR5X telah mengalami peningkatan dari sebelumnya, GDDR5, yang akan dijelaskan selanjutnya.

Poin terpenting yang NVIDIA adalah klaim bahwa GeForce GTX 1080 lebih cepat dibanding dengan Titan X dan lebih hemat daya. Titan X adalah raja kartu grafis sebelumnya yang dibanderol seharga US$ 999. Oleh karena itu, dengan harga US$ 699 untuk Founders Edition (atau US$ 599 untuk kartu grafis dari rekanan NVIDIA), GeForce GTX1080 menjadi perangkat pilihan para gamer dan pecinta kartu grafis.

Founders Edition: Nama yang lebih unik untuk kartu grafis rujukan

Dengan kartu grafis Pascal baru, NVIDIA juga memperkenalkan kartu Founders Edition. Mungkin kita akan bingung saat pertama kali melihatnya. Ini terlihat seperti kartu grafis rujukan biasa namun NVIDIA menyatakan bahwa kartu ini memiliki chip super cepat, dengan kata lain, chip ini memiliki potensi overclocking terbaik.

Selain itu, harga kartu ini juga membingungkan karena kartu rujukan biasanya memiliki harga termurah dibanding dengan kartu grafis lain namun kartu grafis Founders Edition dihargai sebesar US$ 699, lebih mahal US$ 100 dari harga kartu grafis keluaran mitra NVIDIA yaitu US$ 599. Meskipun kartu grafis kustom dari berbagai perusahaan seperti ASUS, MSI, dan Gigabyte memiliki fitur bonus seperti pendingin kustom yang lebih kuat dan overclock pabrikan, perbedaannya harganya menjadi lebih aneh.

Apakah NVIDIA ingin menjual kartu grafis yang kurang kuat dengan harga lebih mahal? Selain itu, apa keistimewaan dari kartu rujukan ini? Kita tahu bahwa kartu grafis Founders Edition hanyalah kartu rujukan dengan nama baru. Segala sesutau yang berbau “rujukan” terasa membosankan dan NVIDIA mungkin ingin keluar dari persepsi bahwa kartunya terlalu naif.

Ada juga motivasi lain di balik kartu grafis Founders Edition baru milik NVIDIA yaitu penghasilan. NVIDIA ingin mengubah Founders Edition ini menjadi laba dengan memberikan selisih US$ 100 pada kartu ini sebagai marjin laba. Hasilnya, kartu grafis Founders Edition ini akan tersedia selama siklus produksinya tetap berjalan, tidak seperti kartu rujukan sebelumnya yang sulit ditemukan seiring berjalannya waktu.

Ada juga alasan lain bagi Anda untuk membeli kartu grafis Founders Edition ini. Seperti yang dijelaskan sebelumnya oleh Kyle Bennett dari HardOCP, kartu grafis NVIDIA yang diproduksi sendiri ini dianggap sebagai salah satu spesimen bagus dari sebuah GPU. Anda seolah mengeluarkan uang lebih untuk dua hal yaitu merek NVIDIA dan jaminan bahwa perusahaan di balik GPU ini memasukkan komponen terbaik untuk pengalaman yang lebih baik.

Kalaupun itu benar, kita akan menganggap bahwa NVIDIA mampu melakukan hal ini karena kurangnya kompetisi dari AMD. Sepertinya tidak ada jawaban untuk menghadang NVIDIA dari pihak AMD, terutama di segmen kelas atas, yang memungkinkan NVIDIA memainkan harga.

Apapun rencananya, konsumen kalah. Namun, kartu grafis Founders Edition ini akan dibuat oleh mitra NVIDIA juga sehingga setidaknya Anda tidak harus membelinya langsung dari NVIDIA jika menginginkan kartu grafis tersebut.

Sepadankah? Itulah yang akan hadir ketika GeForce GTX 1080 diluncurkan pada 27 Mei sehingga Anda mungkin tidak memiliki pilihan jika tidak sabar ingin mendapatkan kartu grafis tersebut.