Preview: Panansonic Lumix DMC-GH4

Preview: Panasonic Lumix DMC-GH4

Mirrorless dengan Perekaman Video 4K Pertama di Dunia

Kami berkesempatan untuk menjajal kamera mirrorless unggulan teranyar dari Panasonic, Lumix DMC-GH4. Kamera mirrorless penerus Lumix GH3 tersebut hadir dengan teknologi AF terbaru serta mampu merekam video 4K. Untuk urusan desain, Lumix GH4 masih mengusung desain yang mirip dengan Lumix GH3. Namun, guna menghindari cincin mode pemotretan berputar secara tidak sengaja, kini cincin mode pemotretan milik Lumix GH4 dilengkapi dengan tombol pengunci. Artinya, jika ingin mengakses cincin mode pemotretan, Anda harus menekan tombol yang berada di atas cincin mode tersebut. Sebagai catatan, saat mengakses cincin mode pemotretan Lumix GH4, kami merasa cincin mode tersebut tidak mudah terganti secara tidak sengaja. Sehingga kami rasa Anda tidak diwajibkan untuk menguncinya.

Lumix GH4 mampu memotret foto hingga 12 frame per detik dalam AF single dan 7 frame per detik dalam Continuous AF. Kemampuan buffer-nya juga mengesankan, kamera yang dilengkapi sensor tipe Four Thirds (17,3 x 13 mm) tersebut mampu merekam 40 gambar raw dan 100 gambar JPEG sekaligus. Kecepatan shutter-nya pun telah ditingkatkan hingga 1/8000 detik. Sedangkan kecepatan sinkronisasi flash dapat dilakukan hingga kecepatan shutter 1/250 detik. Kepekaan ISO pada GH4 dapat diatur hingga ISO 25.600.

Kamera yang mengusung sensor Digital Live MOS Sensor 16,05 MP tersebut berbekal Venus Engine IX tipe baru yang mampu menangani pemrosesan sinyal berkecepatan tinggi untuk memenuhi kebutuhan perekaman video 4K. Kemampuan perekaman video 4K (Cinema 4K: 4.096 x 2.160 pada 24 fps, QFHD 4K: 3.840 x 2.160 pada 30 fps) terekam dalam format MOV/MP4. Sama seperti kebanyakan perangkat yang mampu merekam video 4K, pengaturan video 4K pada GH4 hanya tampil jika kecepatan pada kartu SD yang mendukung. Dengan demikian, untuk merekam video 4K, sebaiknya Anda menggunakan setidaknya kartu SD UHS Speed Class 3.

Untuk viewfinder elektronik (atau Live View Finder), Lumix GH4 berbekal layar OLED dengan resolusi 2,4 MP. Oleh karena itu, kami merasa Live View Finder milik GH4 terasa seperti ketika kami menggunakan viewfinder optikal pada DSLR. Dan panel layar belakangnya juga menggunakan teknologi OLED beresolusi 1,04 MP. Seperti Lumix seri GH lainnya, GH4 juga dilengkapi dengan panel layar berengsel fleksibel. Rangka dalam GH4 terbuat dari material campuran magnesium yang membuatnya tahan terhadap debu dan cipratan air. Selain itu, Lumix GH4 juga terintegrasi dengan Wi-Fi dan NFC; dan GH4 juga hadir dengan aneka port, termasuk mikrofon 3,5 mm dan jack headphone.