Ulasan Panasonic HC-W580: Rekam Segala Sudut

Rekam Segala Sudut

Panasonic merupakan salah satu merek yang memiliki nama terdepan dalam hal perekam video (camcorder). Pabrikan tersebut selalu berusaha menghadirkan inovasi terbaru di setiap camcorder besutannya demi menghadirkan produk yang diinginkan pasar. Oleh karena itu, perusahaan yang berbasis di Jepang tersebut menghadirkan camcorder keluaran terbaru bernama HC-W580 dengan beberapa fitur baru termasuk Twin Camera dan Wireless Multi Camera.

Sesuai namanya, fitur Twin Camera pada HC-W580 adalah hadirnya kamera tambahan di sisi layar LCD. Artinya, camcorder tersebut memiliki dua kamera. Selain memungkinkan perekaman secara simultan dari dua sudut berbeda, kamera kedua juga sangat fleksibel digunakan lantaran otomatis aktif kapanpun Anda memutarnya ke sudut manapun. Sedangkan Wireless Multi Camera memungkinkan HC-W580 terhubung ke hingga tiga smartphone dan merekam hingga dua jendela tambahan. Hal ini memudahkan Anda merekam dari lebih banyak sudut pandang.

Panasonic HC-W580 tidak jauh berbeda dengan desain camcorder kebanyakan. Hampir seluruh tombol akses berkumpul secara rapi di sisi kiri camcorder. Di sisi yang sama pula Anda akan melihat port USB, Mini HDMI dan A/V. Menggunakan panel LCD sistem sentuh, pengoperasian HC-W580 sangat mudah diakses tidak terkecuali bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan camcorder ini. Kami juga menyukai cara Panasonic mendesain penutup port daya dengan menggunakan mekanisme geser. Namun keluhan kami berada pada bahan pembuat bodi camcorder yang menggunakan material plastik agak ringkih sehingga kurang terlalu nyaman dipegang.

Terlepas dari momok material bodi, HC-W580 memiliki performa hasil perekaman andal. Berkat bantuan fitur Hybrid Optical Image Stabilization 5 arah pada kamera utama, camcorder tersebut menampilkan video sangat stabil ketika kami mengujinya saat berada di kendaraan dengan keadaan jalanan berbatu. Kestabilan yang sama juga terlihat ketika kami melakukan zoom optikal hingga 50 kali. Performa fokus juga patut diacungi jempol lantaran camcorder yang berbekal sensor BSI MOS ini secara gesit menentukan titik fokus meski kami mengarahkan ke subyek berbeda dengan gerakan cepat.

Warna dan detil yang dihasilkan pun terlihat cerah dan tajam ketika kami melihat hasil rekaman di layar Full HD 55 inci. Tidak luput pula kami menguji HC-W580 dengan merekam dalam kondisi minim cahaya. Hasilnya, kamera utama camcorder tetap menghasilkan rekaman andal dengan minim gangguan noise, namun performa ini tidak dapat ditampilkan oleh kamera kedua lantaran menampilkan hasil yang cenderung gelap.

Secara keseluruhan, Panasonic HC-W580 benar-benar andal dalam menghadirkan hasil rekaman stabil dan tajam. Fitur Twin Camera serta Wireless Multi Camera memang cocok bagi Anda yang ingin merekam segala sudut pandang dalam momen penting. Meski bodi terbuat dari material yang biasa saja, kami merasa HC-W580 merupakan camcorder yang berbobot ringan.