Ulasan Samsung Gear 360 (2017)

Peningkatan Resolusi

Dari tampilan fisik, terdapat perubahan yang tidak terlalu banyak pada Gear 360 (2017) dibandingkan dengan pendahulunya. Pada versi 2016, unit lebih menyerupai bola lengkap dengan tripod yang sekaligus dapat digunakan sebagai pegangan. Sementara pada versi terbaru tetap menawarkan bentuk bulat namun dilengkapi dengan pegangan khusus. Anda juga dapat memasangkan tripod pada versi 2017 jika ingin merekam sembari meletakannya di permukaan.

Terdapat slot microSD, port USB tipe C di sisi kanan bagian bawah kamera. Untuk tombol kontrol, Anda hanya akan menemukan 3 tombol. Dari ketiga tombol tersebut, masing-masing tombol dapat berfungsi lebih dari satu. Contoh: tombol Menu dapat berfungsi juga sebagai tombol aktivasi Bluetooth, tombol OK juga berfungsi sebagai tombol perekaman. Ada pula layar kecil di bawah tombol perekaman yang berguna untk menampilkan informasi.

Dari pengalaman kami, karena hanya tersedia tiga tombol kontrol, mengakses menu Gear 360 (2017) agak sedikit kurang praktis dan memerlukan waktu lama untuk beradaptasi dengan antarmuka yang tersedia pada layarnya yang relatif kecil. Kabar baiknya, persoalan tersebut dapat diatasi karena Anda dapat mengontrol Gear 360 (2017) lewat aplikasi.

Bernama Gear 360, aplikasi ini menyuguhkan Anda lay out yang sederhana dengan akses mudah untuk mengatur White Balance, ukuran gambar, Exposure Compensation dan Self Timer. Perlu diingat bahwa aplikasi tersebut saat ini hanya mendukung perangkat tertentu. Untuk mengontrol Gear 360 (2017) dari perangkat mobile, Anda harus melakukan pairing terdahulu. Setelah proses pairing selesai, kamera akan selalu berusaha terhubung ke perangkat mobile setiap kali Anda mengaktifkannya.

Gear 360 (2017) mampu melakukan perekaman video hingga resolusi 4K (4.096 x 2.048 piksel) pada 24 fps. Anda juga dapat merekam video pada frame rate 60 fps dengan resolusi 2.560 x 1.280 piksel. Kami lebih menyukai merekam menggunakan frame rate 60 fps karena hasil akan lebih mulus dan akan lebih terasa nyaman jika Anda melihatnya menggunakan headset VR.

Selama mengunakannya, Gear 360 (2017) menghadirkan performa responsif. Hasil video dan foto menampilkan exposure dan warna yang baik. Hasil sambungan dari kedua lensa pun terlihat sempurna. Namun, Gear 360 (2017) menampilkan gangguan noise ketika kami mengujinya di kondisi malam hari.

Dengan ketahahan air dan debu bersetifikasi IP53, Gear 360 (2017) siap dibawa ke manapun untuk merekam atau memotret lokasi dengan pemandangan luas menakjubkan. Anda juga dapat mengaksesnya via remote control yang dijual terpisah.