Ulasan Tissot T-Touch Expert Solar

Akses Tanpa Batas

Tissot telah memproduksi jam tangan T-Touch dengan baik selama lebih dari satu dekade, dan jam tangan tipe ini pun terkenal di antara pengguna karena memadukan aneka fungsi ke dalam satu jam tangan. Selain itu, T-Touch memiliki layar sentuh, yang menjadikannya lebih praktis digunakan – hal ini terjadi pada masa sebelum smartphone dan tablet merajalela. Namun, selama bertahun-tahun, pengguna dan penggemarnya ‘menuntut’ agar Tissot menyematkan teknologi solar ke dalam T-Touch agar mampu bersaing dengan pabrikan jam tangan asal Jepang seperti Casio dan Citizen.

Untungnya, baru saja tahun kemarin merilis jam tangan T-Touch Expert Solar teranyar. Jam tangan ini masih memiliki fungsi yang sama seperti T-Touch Expert lawas, tetapi kini hadir dengan pengisian baterai solar, artinya kini T-Touch Expert mampu mengisi ulang menggunakan energi cahaya matahari dan tidak perlu mengganti baterai.

Karena Tissot harus menempatkan panel solar pada dial-nya, T-Touch Expert Solar agak berukuran lebih besar dibandingkan dengan pendahulunya – 45 mm vs 43 mm. T-Touch Expert Solar memang berukuran besar, tetapi karena bentuknya yang didesain sedemikian rupa, jam tangan ini masih terbilang nyaman ketika dikenakan. Selain itu, rangkanya juga terbuat dari titanium, material sangat kuat namun ringan, sehingga tidak terasa berat di pergelangan tangan. Strap T-Touch Expert Solar tersedia dalam material kulit atau karet. Ada pun strap titanium untuk Anda yang ingin terlihat lebih premium.

T-Touch Expert Solar memiliki fungsi alarm standar, timer dan chronograph yang juga banyak dimiliki oleh jam tangan quartz standar, tetapi lantaran jam tangan tersebut ditujukan untuk pecinta olah raga outdoor, T-Touch Expert Solar juga dilengkapi dengan fungsi barometer, kompas dan altimeter. Fungsi tersebut dapat diaktifkan dengan cara mengetuk kaca kristal safir jam tangan, setelah itu jarum jam tangan yang bersangkutan akan mulai bergerak dan menunjukkan informasi. Bagi Anda yang menginginkan ketepatan lebih presisi, T-Touch Expert Solar juga dilengkapi dengan layar LCD di bagian bawah yang menunjukkan angka digital. Jam tangan tersebut juga tahan air hingga kedlaman 100 meter, sehingga Anda dapat mengenakannya meski saat berenang.

Dengan harga mulai dari Rp 14.300.000, T-Touch Expert Solar bisa dibilang terlalu mahal, terutama jika Anda mempertimbangkan ada pilihan yang lebih terjangkau dari Casio G-Shock dan ProTrek yang memiliki fungsi serupa namun dengan harga kurang dari seperempat harga T-Touch Expert Solar. Namun, jam tangan dari Casio tersebut hanya dilengkapi dengan rangka polikarbonat, sedangkan T-Touch Expert Solar menggunakan rangka titanium, dan bukan hanya material mahal untuk diproduksi, titanium juga sulit untuk dibentuk. Selain itu, label “Swiss-made” pada dial memberikan kesan premium, karena jam tangan Swiss-made (buatan Swiss) biasanya dianggap berkualitas tinggi, dan T-Touch Expert Solar diklaim sebagai jam tangan yang dibuat sangat baik.

Secara keseluruhan, T-Touch Expert Solar adalah jam tangan yang dapat diandalkan dan nyaman dikenakan kapan pun.