5 Tips Aman Berbelanja Online


5 Tip Aman Berbelanja Online

Pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2017, pasti akan ada diskon besar-besaran yang tentu saja sangat sayang jika dilewatkan. Namun kejahatan siber juga akan melihat peluang saat hari tersebut tiba untuk mengelabuhi para pembelanja online.

Untuk tetap aman dan menghindari kemungkinan terserang kejahatan tersebut, berikut adalah 5 tip untuk memastikan Anda berbelanja online dengan aman :

1. Gunakan Wi-Fi terenkripsi.

          Selalu gunakan VPN (Virtual Private Network) jika memungkinkan ketimbang menggunakan Wi-Fi umum, demi keamanan data yang lebih terjamin.

2. Gunakan solusi Antivirus generasi baru.

          Pasang solusi anti-malware yang tidak mengandalkan teknologi berbasis signature demi keamanan Anda. Solusi yang menawarkan proteksi secara real-time dan hadir dengan aneka layer proteksi pantas jadi bahan pertimbangan.

3. Gunakan layanan pembayaran pihak ketiga.

          Gunakanlah layanan pembayaran pihak ketiga seperti PayPal. Jika tidak, gunakanlah kartu kredit dengan limit paling rendah.

4. Selalu perhatikan “https”, jangan “http”.

          Ketika memeriksa shopping cart (keranjang berbelanja), pastikan halaman terenkripsi dan menampilkan http di baris navigasi sebelum memasukkan detil pembayaran.

5. Berbelanja langsung.

          Alih-alih mengklik link dalam email atau media sosial yang memamerkan diskon besar, sangat disarankan untuk berbelanja secara langsung di toko online bersangkutan. Jika tawarannya sah, Anda akan benar-benar mendapatkan diskon tersebut dan menghindari potensi kejahatan siber.

Kelima tip di atas bersumber dari Malwarebytes, sebuah perusahaan keamanan siber generasi baru yang secara proaktif melindungi perorangan dan bisnis dari ancaman dunia maya.

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir