Apple Dirumorkan Sedang Uji Beragam Purwarupa AR


Apple Dirumorkan Sedang Uji Beragam Purwarupa AR

Sembilan bulan yang lalu, Bloomberg mangabarkan bahwa Apple sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi ke kacamata digital sebagai bagian dari upayanya masuk ke Augmented Reality (AR). Meski demikian, Financial Times (FT) menyajikan gambaran berbeda tentang kemajuan Apple di bidang tersebut.

Beragam sumber menyampaikan kepada FT bahwa Apple belum memiliki visi yang jelas meskipun ARKit telah rilis ke pengembang beberapa bulan lalu. Maka dari itu, Apple dikabarkan sedang melakukan eksperimen dengan “beberapa jenis purwarupa” di mana satu kelompok insinyur menggunakan sepasang kacamata 3D yang memiliki kamera 3D, tanpa layar dan harus menggunakan iPhone sebagai pusatnya dan layar.

Menurut orang yang memahami persoalan ini menyatakan sepasang kacamata AR yang memindahkan kamera, sensor dan layar dari smartphone ke wajah. Meskipun ARKit disambut dengan baik, tapi Apple masih belum memiliki visi tentang aplikasi paling menarik untuk headset tersebut.

Hasilnya, masih ada beberapa jenis purwarupa yang sedang diuji. Satu kelompok insinyur dikabarkan menyarankan sepasang kacamata yang dilengkapi dengan kamera 3D tapi tanpa layar dan menggunakan iPhone sebagai pusat dan layar utama.

FT berspekulasi bahwa kacamata AR besutan Apple bisa berakhir sebagai aksesoris seperti Snapchat Spectacles, tapi desain akhir produk AR belum bisa ditentukan saat ini.

Tapi mempertimbangkan bagaimana CEO Apple, Tim Cook mengonfirmasi bahwa Apple "siap mengusung AR dalam jangka panjang" dan menyatakan “ada hal hebat bagi konsumen dan peluang komersial yang tinggi”, maka tidak masuk akal jika Apple tidak memiliki visi yang jelas terhadap aplikasi VR.

Selain itu, Apple dikabarkan telah berupaya keras mengumpulkan tim dengan latar belakang disiplin untuk menggarap produk AR. Analis UBS, Steven Milunovich menuliskan pada Maret tahun ini bahwa ada lebih dari 1000 insinyur yang menggarap AR untuk iPhone 8.

Sumber: FT via 9to5Mac

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir