Apple TV Berkemampuan 4K Sedang Digarap, Meluncur Tahun Ini


Apple TV Berkemampuan 4K Sedang Digarap, Meluncur Tahun Ini

Meskipun Steve Jobs dikabarkan memiliki gagasan untuk “membonkar” pasar TV, tapi hingga kini konsumen belum melihat Apple melakukannya. Berdasarkan analisa oleh Bloomberg, TV besutan Apple tersebut belum akan hadir dalam waktu dekat. Namun konsumen bakal menemukan versi pembaruan Apple TV tahun ini.

Dikenal secara internal dengan julukan “J105”, Apple TV generasi kelima saat ini sedang menjalani pengujian dan kemungkinan akan dirilis tahun ini. Apple TV tersebut mengusung kemampuan streaming konten 4K dan warna-warna lebih terang. Jajaran fitur baru tersebut bisa meningkatkan penjulan karena kian banyak konsumen melakukan upgrade ke TV 4K.

Beberapa kendala dikabarkan memaksa Apple mengubah keinginannya untuk merevolusionerkan pasar TV. Misalnya, Apple ingin menyematkan empat jaringan siaran TV utama, beberapa saluran TV kabel, dan konten TV on-demand secara berlangganan bulanan. Meski demikian, negosiasi biaya dan komposisi bundel tersebut gagal.

Hal tersebut memengaruhi pula pengembangan aplikasi dan antarmuka TV yang pada awalnya dirancang sebagai pintu masuk untuk mengakses siaran TV dan olah raga secara langsung. Produk akhir yang akhirnya diluncurkan terlihat “tidak seambisius seperti visi awalnya”.

Di luar kendala tersebut, terdapat tanda-tanda bahwa Apple sedang memperbarui fokus pada bisnis Apple TV. The Wall Street Journal mengabarkan bahwa Apple sedang membangun bisnis baru di film dan acara TV. Apple juga berhasil mempekerjakan veteran industri TV, mantan pimpinan Amazon Fire TV, Timothy D. Twerdahl untuk memimpin bisnis Apple TV.

Sumber: Bloomberg via 9to5Mac

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir