Apple TV Generasi ke-5 Dukung 4K, HDR10, dan Dolby Vision


Apple TV Generasi ke-5 Dukung 4K, HDR10, dan Dolby Vision

Seperti yang diperkirakan, Apple hari ini mengumumkan versi pembaruan dari Apple TV. Mengusung nama Apple TV 4K, pemutar media/konsol game generasi ke-5 ini merupakan yang pertama bagi Apple dengan dukungan pemutaran video 4K.

Dari segi desain, Apple TV 4K tidak jauh berbeda dari pendahulunya – masih tetap dengan desain kotak berwarna hitam yang ingin menyatu dengan perangkat A/V lainnya. Tapi tidak demikian untuk bagian dalamnya. Meskipun Apple TV 2005 menggunakan chip Apple A8 yang berjalan pada kecepatan 1,5 GHz, Apple TV 4K 2017 menggunakan A10X Fusion, SoC yang sama yang digunakan pada iPad Pro 10,5 inci dan iPad Pro 12,9 inci generasi kedua. Itu berarti Apple TV 4K mengusung 2x performa CPU dan 4x performa GPU dari Apple TV generasi ke-4. Tersedia pula konektivitas Gigabit Ethernet dan port HDMI 2.0a. Singkatnya, set-top box mungil ini siap menjadi pusat streaming video dan gaming.

Tidak sulit untuk menyimpulkan bahwa peningkatan kekuatan pemrosesan dan bandwidht memori disediakan untuk mendukung fitur utamanya yakni pemutaran 4K. Menjalankan tvOS 11, Apple TV 4K mampu mendukung High Dynamic Range (HDR), dengan dukungan untuk format terbuka HDR10 dan Dolby Labs Dolby Vision HDR. Ia juga mendukung codec video HEVC (H.265) untuk menampilkan video 4K pada 60 FPS. Itu berarti Apple TV baru ini juga mendukung video HEVC dan hasil foto HEIF milik iPhone 7 dan perangkat di atasnya yang menjalankan iOS 11.

Jika aplikasi pihak ketiga menjadi kisah utama pada Apple TV sebelumnya, kali ini para penyedia konten pihak ketiga yang menjadi kisah utama. Apple bekerjasama dengan banyak rekanan untuk menghadirkan konten 4K dan HDR ke Apple TV 4K. Studio film seperti 20th Century Fox, Liongate, Paramount, Universal, Warner Bros., dan Sony Pictures menghadirkan film 4K dan HDR ke iTunes Store. Film 4K ditawarkan dengan harga yang sama seperti film HD dan Apple menyatakan jika Anda telah membeli versi HD di iTunes, maka secara otomatis akan mendapatkan versi 4K HDR (jika tersedia) secara gratis.

Apple TV 4K juga bisa melakukan streaming konten 4K dan HDR10 dari Netflix, tapi belum jelas apakah Dolby Vision HDR didukung pada streaming Netflix. Amazon juga tersedia dengan video Prime dalam 4K dan HDR yang akan tersedia tahun ini. Apple TV 4K sepertinya tidak mendukung audio berbasis obyek, Dolby Atmos.

(Protips: Perlu diketahui bahwa untuk bisa menikmati konten HDR, Anda mesti memiliki TV berkemampuan HDR. Selain itu, jika ingin melakukan streaming Dolby Vision, Anda perlu TV berkemampuan Dolby Vision via HDMI). 

Seperti Apple TV generasi ke-4, Anda berinteraksi dengan Apple TV 4K menggunakan Siri, teknologi asisten personal pintar besutan Apple. Anda bisa melakukan beragam hal seperti pencarian film di seluruh layanan atau aktor favorit, atau menanyakan Siri tentang kondisi cuaca dan hasil pertandingan olahraga. Semua itu dilakukan melalui Siri Remote (atau Apple TV Remote untuk wilayah yang belum mendukung Siri) yang melakukan debutnya pada Apple TV generasi ke-4, tapi kini sepertinya hadir dengan sedikit desain ulang. Tidak jelas apakah ada perubahan di bagian dalamnya, tapi melihat foto yang dirilis Apple, unit remote tetap menyediakan trackpad di sepertiga bagian remote, tapi tombol Menu kini lebih dilengkapi label yang jelas.

Aplikasi TV, yang memungkinkan pengguna menemukan acara TV dan film dari banyak aplikasi di satu lokasi dan menawarkan satu keanggotaan untuk aplikasi TV berbayar, juga mendapatkan fitur baru seperti siaran langsung olahraga dan berita.

Apple TV 4K hadir dalam varian kapasitas penyimpanan 32 Gb dan 64 GB dengan banderol berturut-turut US$179 (~Rp. 2,4 juta) dan US$199 (~Rp. 2,6 juta). Pre-order dimulai Jumat, 15 September dengan pengiriman dimulai pada 22 September – identik dengan periode ketersediaan iPhone 8. tvOS 11, yang hadir pula dengan fitur seperti sinkronisasi homescreen, pergantian otomatis antara mode gelap dan terang, screensaver 4K (untuk model 4K), dukungan AirPods, AirPlay 2, dan sebagainya. Apple juga menghentikan Apple TV generasi ke-4 versi 64 GB, tapi tetap menyediakan model 32 GB dengan banderol US$149 (~Rp. 1,9 juta).

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir