Apple Umumkan iPhone 8 dan 8 Plus dengan Wireless Charging dan Material Kaca


Apple Umumkan iPhone 8 dan 8 Plus dengan Wireless Charging dan Material Kaca

Apple secara resmi mengumumkan iPhone 8 dan 8 Plus, melewatkan pembaruan model ‘S’ untuk pertama kalinya dalam delapan tahun dan menyuguhkan prosesor baru yang lebih cepat, wireless charging, layar True Tone, dan pembaruan kamera.

Meskipun penomoran model meningkat, iPhone 8 tetap berbagi banyak bahasa desain yang telah digunakan Apple sejak 2014 dengan iPhone 6. Perubahan terbesar antara iPhone 7 dan iPhone 8 hadir dalam bentuk material kaca di bagian belakang yang belum terlihat pada iPhone sejak iPhone 4s. Material kaca belakang memungkinkan salah satu fitur baru terbesar iPhone 8 yakni wireless charging. Apple menggunakan standar pengisian ulang Qi yang banyak digunakan oleh pabrikan lain seperti Samsung, LG, dan Google. Seperti halnya kebanyakan smartphone lainnya dengan fitur wireless charging, Anda cukup letakkan smartphone pada bantalan charging untuk mengisi ulang baterai.

Apple juga meningkatkan layar iPhone 8 dan 8 Plus, menambahkan teknologi True Tone yang sama seperti tawaran iPad Pro 10,5 inci untuk secara otomatis mengatur layar berdasarkan cahaya ambien ruangan guna menawarkan warna lebih akurat.

Prosesor di dalamnya telah diperbarui menggunakan A11 Bionic, chip enam inti dengan dua inti performa yang 25 persen lebih cepat daripada A10, dan empat inti performa yang diklaim Apple berperforma 70 persen lebih cepat dibandingkan model lawas. Tersedia pula GPU baru hasil desain Apple yang 30 persen lebih cepat dengan performa yang sama seperti A10, tapi hanya mengkonsumsi daya setengahnya.

iPhone 8 4,7 inci mengusung sensor kamera baru 12 megapiksel dengan stabilisasi gambar optikal di kamera belakang, sedangkan kamera belakang iPhone 8 Plus juga telah ditingkatkan dengan aperture lebih lebar f/1.8 dan f/2.8. Kamera ganda pada iPhone 8 Plus juga berfitur “Portrait Lighting” untuk mengatur pencahayaan foto portrait; simak saat kami mengujinya di area demo:

AR (augmented reality) juga akan menjadi bagian penting iPhone 8 dan 8 Plus dengan kamera yang dikalibrasi untuk AR, bersama dengan gyroscsope dan accelerometer baru untuk pelacakan gerakan yang lebih baik.

Kedua model akan tersedia dalam dua varian kapasitas penyimpanan yakni 64 GB dan 256 GB, serta tiga varian warna (hitam, putih, emas) dengan banderol:

  • iPhone 8 (64 GB) - S$1,148 (~Rp. 11,2 juta)
  • iPhone 8 (256 GB)- S$1,388 (~Rp. 13,6 juta)
  • iPhone 8 Plus (64 GB) - S$1,308 (~Rp. 12,8 juta)
  • iPhone 8 Plus (256 GB) - S$1,548 (~Rp. 15,2 juta)

Pre-order dimulai Jumat, 15 September dan akan tersedia seminggu kemudian di pasar ritel pada 22 September.

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir