Apple Umumkan Speaker Pintar HomePod


Apple Umumkan Speaker Pintar HomePod

Setelah sekian lama tidak mengumumkan produk baru di WWDC, Apple mengumumkan jajaran produk baru di WWDC tahun ini. Salah satu yang menarik adalah speaker pintar HomePod.

HomePod dilengkapi dengan prosesor Apple A8 yang juga membuatnya menjadi salah datu speaker bertenaga (dalam hal kekuatan komputasi) di dunia. Apple tidak menyebutkan caranya terkoneksi, tapi diasumsikan HomePod menggunakan Bluetooth dan Wi-Fi.

Chip A8 diperlukan karena adanya integrasi dengan Apple Music dan Siri, dan juga karena HomePod mampu mengenali sekelilingnya dan mengatur komponen speaker untuk mengoptimalkan kualitas audio. Misalnya, ia bisa mengetahui apakah diletakkan di samping dinding atau di ruang terbuka, kemudian akan mengatur speaker untuk memaksimalkan pemutaran audio.

Suara dihasilkan menggunakan serangkaian 7 beam-forming tweeter yang bisa ditangani oleh prosesor A8 untuk menghasilkan suara paling efisien dan efektif. Selain itu, tersedia pula woofer 4 inci rancangan Apple yang menangani frekuensi bass.  HomePad menggunakan software modeling dan pemrosesan sinyal digital untuk menghasilkan bass yang dalam tanpa distorsi.

Agar bisa terintegrasi dengan Siri, HomePad juga mengusung 6 microphone yang bisa menangkap suara Anda bahkan saat memutar musik dengan kencang.

Siri juga telah ditingkatkan agar bisa memahami beragam perintah dan konteks. Misalnya, Anda bisa meminta Siri untuk “lebih banyak putar musik seperti ini” atau bahkan menanyakan Siri lagu terpopuler pada 10 tahun lalu. Anda juga bisa menggunakan Siri untuk hal lainnya seperti membuat pengingat dan alarm, menanyakan cuaca, menanyakan skor pertandingan olah raga, dan lainnya.

HomePod juga bisa digunakan bersama HomeKit, sehingga jika telah memiliki perangkat pintar HomeKit, Anda bisa menggunakan HomePod untuk mengendalikannya.

Sayangnya, kami tidak bisa melakukan demo ataupun menyentuh speaker HomePod sehingga tidak bisa berkomentar seputar suara maupun fungsionalitasnya. Tapi HomePod sangat ringkas dan terlihat menarik.

Apple HomePod akan tersedia dalam warna hitam atau putih dan ditawarkan dengan harga US$349. HomePod akan dikapalkan pada Desember tahun ini, tapi hanya untuk A.S., Inggris, dan Australia.

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir