Apple Watch Bisa Digunakan Untuk Mengukur Tekanan Darah


Apple Watch Bisa Digunakan Untuk Mengukur Tekanan Darah

Jika belum menyadarinya saat ini, fokus utama Apple Watch selama ini adalah kesehatan. Selain mendorong orang agar lebih aktif bergerak, Apple juga dikabarkan sedang mengembangkan beragam teknologi untuk membantu para pengguna Apple Watch memonitor kesehatan mereka. Oleh karena Apple Watch dilengkapi kemampuan mendeteksi detak jantung tidak normal dengan akurasi mencapai 97%, maka lengkah berikutnya adalah menghitung tekanan darah.

Patently Apple menemukan aplikasi hak paten oleh pabrikan Apple itu yang berjudul “Wrist Worn Accelerometer for Pulse Transmit Time (PTT) Measurements of Blood Pressure”. Singkatnya, Apple menemukan metode menghitung tekanan darah menggunakan Apple Watch dan gelang berkelengkapan sensor. Metode tersebut digambarkan sebagai berikut:

Perangkat yang digunakan pada pergelangan tangan dan metode terkait mengukur waktu transit denyut nadi dan mengkalkulasi nilai tekanan darah menggunakan waktu transit denyut nadi. Perangkat yang digunakan pada pergelangan tangan tersebut meliputi akselerometer, photo-plethysmogram (PPG) atau sensor tekanan denyut nadi, dan sebuah kontroler. PPG atau pulse pressure sensor dipasang pada perangkat di pergelangan untuk mendeteksi datangnya tekanan denyut nadi pada pergelangan tangan pengguna. Kontroler telah dikonfigurasi untuk memproses sinyal output dari akselerometer guna mendeteksi kapan denyut nadi tekanan darah berasal dari atrium kiri jantung pengguna, memproses sinyal dari PPG atau sensor tekanan denyut jantung untuk mendeteksi kapan denyut tekanan darah sampai di pergelangan tangan, mengkalkulasi pulse transit time (PTT) dari perambatan denyut tekanan darah dari atrium kiri jantung ke pergelangan, dan menampilkan satu atau lebih nilai tekanan darah pengguna pada PTT.

Gagasan gelang berkelengkapan sensor tidaklah baru; menurut sumber BGR yang dikabarkan di Mei, Apple berencana memperkenalkan “smartwatch band” yang bisa digonta-ganti yang memiliki fitur berbeda seperti kamera dan baterai cadangan. Gelang smartwatch tersebut dikabarkan membantu Apple menghadirkan “fitur kesehatan baru” pada Apple Watch. CNBC juga mengabarkan bahwa Apple sedang bekerjasama dengan 30 insinyur biomedikal guna mengembangkan sensor optikal untuk memontor kadar gula dalam darah.

Beragam pemberitaan tersebut yang mengabarkan langkah Apple masuk ke ranah medis, maka boleh saja membayangkan Apple Watch menjadi bagian penting dari kehidupan kita karena menjembatani antara pengguna dengan penyedia jasa kesehatan.

Sumber: Patently Apple via 9to5Mac

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir