Google PeUmumkan Android P Versi Developer Preview Dengan Dukungan Layar Berponi


Google Umumkan Android P Versi Developer Preview Dengan Dukungan Layar Berponi

Beberapa minggu setelah Bloomberg mengabarkan bahwa sistem operasi Android berikutnya akan meniru “desain layar berponi (notch)” iPhone X, Google hari ini mengumumkan Android P versi developer preview yang menyediakan dukungan layar berponi.

Menurut dokumen dukungan Google tentang Android P, dukungan notch pada layar akan berjalan lancar dengan mengatur ketinggian status bar untuk memisahkan konten dari notch tersebut. Tata letak jendela baru tersebut memungkinkan aplikasi meletakkan kontennya di sekitar notch layar.

Notch layar seharusnya berguna karena ada tren di antara pabrikan smartphone Android yang merilis smartphone dengan desain “poni” serupa iPhone X. Misalnya, ASUS meniru desain notch khas iPhone X pada smartphone ZenFone 5 meski mengklaim memiliki notch dengan ukuran 26% lebih kecil.

Fitur baru lainnya di Android P termasuk penentuan posisi dengan Wi-Fi RTT, perbaikan notifikasi perpesanan, API multi-kamera untuk smartphone dengan dua modul kamera dan menghadirkan fitur inovatif (zoom, bokeh), video HDR VP9, kompresi gambar HEIF, Neural Networks API 1.1, Open Mobile API untuk keamanan pembayaran dan transaksi melalui NFC, dan transaksi peningkatan penghematan daya.

Sumber: Android Developers Blog (1) (2) via MacRumors 

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir