Google Secara Resmi Umumkan Pixel 2 dan Pixel 2 XL


Google Secara Resmi Umumkan Pixel 2 dan Pixel 2 XL

Google telah mengumumkan smartphone Pixel generasi kedua yakni Pixel 2 dan Pixel 2 XL.

Desain dan fitur utama

Kedua smartphone terlihat mirip dengan model tahun lalu, hanya ada sedikit perbedaan desain. Seperti pendahulunya, kedua smartphone mengusung sasis aluminium dengan panel kaca di bagian atas. Kali ini, bagian kaca lebih pendek dan tidak menutupi sensor sidik jari seperti pendahulunya. Sensor sidik jarinya diklaim Google “mampu membuka smartphone lebih cepat dari pesaingnya”. Lensa kamera tunggal Pixel hadir dengan ukuran lebih besar dan ada tonjolan kamera di belakang.

Bagian depan Pixel 2 XL menyuguhkan perubahan terbesar berkat layar 6 inci yang nyaris mendominasi bagian depan smartphone. Layarnya menggunakan panel P-OLED dengan resolusi 2880 x 1440 piksel dan aspek rasio 18:9 yang membuatnya nyaris seukuran dengan Samsung Galaxy Note8 dan S8.

Pixel 2 mengusung layar OLED 5 inci beresolusi 1920 x 1080 piksel dengan aspek rasio tradisional 16:9 dan memiliki bezel tebal di bagian atas dan bawah layar.

Kedua layar kini merupakan Always-On dan menyediakan beberapa fitur menarik yang belum pernah ditemui pada layar always-on lainnya. Misalnya, Pixel 2 kini selalu mendengarkan audio yang diputar di sekitar Anda (berjuluk Now Playing jika ingin mengaktifkannya) yang memungkinkannya menunjukkan informasi lagu tanpa perlu membuka smartphone dan menanyakannya secara manual. Cukup ketuk judul lagu dari Always-On Display dan Google Assistant akan menampilkan informasi relevan terkait dengan lagu tersebut.

Fitur penting yang absen pada smartphone Pixel tahun lalu adalah ketahanan terhadap debu dan air, tapi untungnya tahun ini Pixel 2 dan Pixel 2 XL telah mengusung rating IP67. Artinya, kedua smartphone Pixel 2 bisa dibenamkan hingga kedalaman 1 meter di bawah permukaan air selama maksimal 30 menit.

Seperti yang dirumorkan sebelumnya, baik Pixel 2 maupun Pixel 2 XL tidak dilengkapi dengan jack headphone 3,5 mm. Artinya, Anda mesti bergantung pada port USB Type-C. Paket pembelian menyediakan adaptor USB-C ke jack headphone 3,5 mm. Seperti iPhone 7 dan 8, Anda juga tidak bisa mengisi ulang baterai sembari mendengarkan lagu menggunakan headphone. Jika ingin menggunakan speaker smartphone untuk mendengarkan musik, Pixel 2 dan Pixel 2 XL dilengkapi dengan speaker stereo hadap depan. Semoga fitur tersebut telah dikembangkan dengan baik bersama HTC yang memproduksi Pixel 2 untuk Google, sebab smartphone HTC memiliki speaker stereo terbaik di pasaran.

Berbicara fitur HTC, kedua smartphone mengusung fitur “Active Edge”, sebuah fitur yang mirip dengan Edge Sense seperti pada HTC U11. Fitur tersebut memungkinkan Anda meremas kedua sisi smartphone untuk melakukan aksi tertentu. Secara dafault, Active Edge akan meluncurkan Google Assistant dan menghentikan panggilan telepon.

Sebuah kamera yang disiapkan untuk fotografi pintar

Fitur unggulan dari Pixel 2 dan Pixel 2 XL adalah kamera belakang tunggal. Mario Queiroz, VP Product Management, Google menyatakan bahwa timnya telah “mengartikan kembali fotografi smartphone.” Sepertinya pernyataan tersebut ada benarnya karena DXO telah memberikan skor pencetak rekor yakni 98 untuk kamera Pixel 2. Sebagai perbandingan, iPhone 8 Plus berada di posisi kedua dengan skor 94.

Tahun ini, kamera Pixel 2 menggunakan sesuatu yang disebut Google sebagai “sensor dual-piksel” yang membagi setiap piksel menjadi dua. Hal itu membuat Pixel 2 menawarkan “mode portrait” dengan background buram seperti smartphone berkamera ganda, tapi tanpa perlu kamera kedua. Cara kerjanya adalah dual-piksel berperan layaknya lensa kedua, memungkinkan kamera menangkap gambar kedua yang sedikit bergesar dari gambar pertama. Menggunakan data tersebut (dan mengambil banyak gambar seperti pada mode HDR), Google bisa menciptakan peta kedalaman dan menggunakannya untuk mengidentifikasi latar depan dan latar belakang foto lalu memburamkan segala sesuatunya kecuali obyek gambar. Google menyatakan bahwa selain obyek manusia, efek portrait tersebut bisa digunakan pada obyek foto benda. Kemampuan yang sama bisa diterapkan pada kamera depan 8 MP meskipun tidak memiliki teknologi dual-piksel.

Google juga menyediakan iPhone Live Photos versi mereka bernama Motion Photos. Cara kerjanya hampirmirip: Google akan merekam video klip berdurasi tiga detik pada setiap foto dan menggabungkannya dalam satu file. Pixel 2 seharusnya bisa memotong bagian klip video yang tidak diinginkan secara otomatis.

Kamera Pixel 2 juga mendapatkan dukungan fitur augmented reality (AR), termasuk AR stickers. Anda bisa menambahkan karakter 3D dan emoji ke dalam foto dan video lalu melihatnya bergerak saat Anda menangkap gambar. Google juga akan bermitra dengan pihak ketiga untuk menambahkan beberapa stiker AR terkenal termasuk Stranger Things dan Star Wars.

Pixel 2 juga menjadi smartphone pertama dengan dukungan Google Lens yang pertama kali diumumkan di ajang Google I/O tahun ini. Cara kerjanya mirip Samsung Bixby Vision yang memungkinkan Anda mengarahkan kamera ke beragam obyek, seperti buku atau gedung, kemudian secara otomatis Google akan menampilkan informasi yang terkait. Fitur ini juga bisa memindai alamat email dan password Wi-Fi serta secara otomatis menggunakan informasi tersebut.

Spesifikasi, harga, dan ketersediaan

Di sisi spesifikasi, kedua smartphone menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 835 dengan RAM 4 GB serta dirilis dengan sistem operasi Android 8.0 Oreo. Tidak tersedia opsi ekspansi media penyimpanan pada kedua smartphone, tapi tersedia opsi kapasitas 64 GB dan 128 GB. Pixel 2 dilengkapi dengan baterai 2700 mAh, sedangkan Pixel 2 XL mengusung baterai 3520 mAh.

Pixel 2 dibanderol mulai US$649 dan tersedia dalam varian warna Just Black, Clearly White, dan Kinda Blue. Pixel 2 XL dibanderol mulai US$849 dan tersedia dalam varian warna Just Black dan Black & White (hitam di depan, putih di belakang, dan tombol daya oranye).

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir