iPhone 8 Kemungkinan Hadir Tanpa Fitur Utama Jika Kendala Software Tak Teratasi


iPhone 8 Kemungkinan Hadir Tanpa Fitur Utama Jika Kendala Software Tak Teratasi

Kendala hardware dan keterbatasan pasokan komponen bukan satu-satunya kendala yang menghambat Apple meluncurkan iPhone 8 tepat waktu. Tampaknya, pabrikan iPhone tersebut telah bekerja keras mengatasi kendala software di iPhone 8. Sebab, jika tidak diatasi dengan cepat maka Apple terpaksa meluncurkan iPhone 8 tanpa fitur utama.

Menurut Fast Company, seorang sumber yang memahami masalah tersebut menyatakan bahwa beberapa teknologi baru yang belum pernah ada di iPhone tidak mudah diimplementasikan.

Misalnya, kemampuan wireless charging tidak tersedia saat peluncuran karena dukungan software belum siap. Sumber tersebut mengatakan Apple kemungkinan menggunakan wireless charging induksi berbasiskan standar pengisian nirkabel Qi atau varian darinya. Blogger Apple, John Gruber juga mendengar kabar bahwa fitur wireless charging bisa diaktifkan kemudian melalui pembaruan software.

Apple juga menghadapi banyak masalah untuk membenamkan sensor 3D yang dirumorkan untuk dipasang ke dalam iPhone 8 dan kendalanya tidak berhubungan dengan hardware. Berbeda dari fitur wireless charging, sumber tersebut yakin bahwa Apple mampu menyiapkan software untuk sensor 3D tepat waktu untuk peluncuran. Jika Apple masih belum bisa mengatasinya, maka sensor 3D bisa diaktifkan melalui pembaruan software. Economic Daily News mengklaim di April bahwa kendala teknis yang berhubungan dengan pengadopsian sistem sensor 3D kemungkinan menunda peluncuran iPhone baru.

Sensor 3D disebutkan sebagai sebuah fitur utama iPhone 8; Bloomberg melaporkan bahwa sensor 3D tersebut bisa digunakan untuk membuka smartphone, mengotentikasi pembayaran dan menjalankan aplikasi yang aman. Meskipun rumor sebelumnya menyatakan bahwa sensor 3D bakal menggantikan sensor Touch ID pada iPhone 8, sumber Fast Company mengklaim Apple kemungkinan akan tetap menggunakan sensor Touch ID yang dibenamkan di bawah layar.

Analis KGI Securities, Ming-Che Kuo menyatakan dalam laporannya tiga bulan lalu bahwa kendala pasokan komponen utama bisa memundurkan jadwal ketersediaan iPhone ke Oktober atau November. Nikkei Asian Review melaporkan di April bahwa keterlambatan produksi panel OLED Samsung kemungkinan bisa berakibat penundaan peluncuran iPhone.

Sumber: Fast Company via 9to5Mac

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir