iPhone 8 Tak Bisa Digunakan Setelah Reparasi Layar Oleh Pihak Ketiga


iPhone 8 Tak Bisa Digunakan Setelah Reparasi Layar Oleh Pihak Ketiga

Pembaruan ioS 11.3 yang hadir baru-baru ini menyuguhkan jajaran fitur baru seperti kesehatan baterai dan opsi untuk mematikan throttling performa. Tapi pembaruan terebut juga mematikan fungsionalitas layar sentuh pada model iPhone 8 yang direparasi oleh pihak ketiga. Sebelum pembaruan iOS 11.3, banyak toko reparasi mampu mengganti layar iPhone 8 tanpa kendala.

Vice mengabarkan bahwa hal tersebut menyebabkan toko ritel dan reparasi asal Georgia menerima 2000 pengembalian barang. Para konsumennya terganggu karena perangkat mereka tidak merespon input sentuhan. Michael Oberdick, pemilik dan operator toko reparasi iPhone bernama iOutlet, meyakini microchip kecil yang menggerakkan setiap layar iPhone menjadi penyebabnya. Saat layar diganti, microchip harus juga diperbarui.

Untuk mengatasi kendala tersebut, toko reparasi pihak ketiga harus membuka smartphone dan memperbarui chip. Meski demikian, itu hanya solusi jangka pendek karena mustahil memprediksi apakah atau kapan Apple akan melakukan sesuatu dalam pembaruan software yang akan membuat iPhone hasil reparasi pihak ketiga tak berdaya.

iPhone X juga mengalami kendala serupa; sensor cahaya sekitar berhenti berfungsi jika layar diganti oleh penyedia reparasi pihak ketiga meskipun resmi.

“Kamera depan iPhone X...terpasang pada motherboard. Jika diganti, fitur Face ID tidak berfungsi,” kata Oberdick. “Hanya Apple yang bisa menggantikan kamera depan tanpa membuat Face ID berhenti berfungsi.”

Kasus serupa terjadi sekitar dua tahun lalu pada model iPhone 6 yang telah mengalami penggantikan tombol Touch ID oleh layanan reparasi pihak ketiga. Para pengguna tidak bisa mengakses iPhone 6 setelah melakukan pembaruan ke iOS 9.

Oleh karena perseteruan antara Apple dan penyedia layanan reparasi pihak ketiga terus berlanjut, maka yang dirugikan adalah konsumen karena terpaksa harus membayar biaya reparasi yang jauh lebih mahal kepada Apple saat habis masa garansi atau tidak didukung AppleCare+.

Sumber: Vice via 9to5Mac

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir