Kacamata Pintar Intel Vaunt Terlihat Seperti Kacamata Normal


Kacamata Pintar Intel Vaunt Terlihat Seperti Kacamata Normal

Intel telah mengumumkan sepasang kacamata sangat ringan yang dinamai vaunt dan terlihat seperti kacamata biasa. Dikutip dari The Verge, kacamata pintar Vaunt mengusung bingkai plastik berwarna hitam yang trendy dn berbobot kurang dari 50 gram. Selain itu, Vaunt tidak memiliki kamera terintegrasi sehingga tidak terlihat menyeramkan seperti kacamata pintar lainnya seperti Google Glass.

Komponen elektronik dari Vaunt seluruhnya dijejalkan ke dalam tangkai kacamata dan mengendalikan laser kelas satu hemat daya yang memproyeksikan gambar monokrom berukuran 400 x 150 piksel secara langsung ke mata. Meskipun terpaan sinar laser secara langsung ke bola mata terdengar menyeramkan, tapi “dayanya sangat rendah maka berada di urutan terbawah pada laser kelas satu”, kata Mark Eastwood, Intel New Devices Group kepada The Verge. Selain itu, layarnya tidak terlihat kecuali saat Anda menatapnya sehingga tidak mengganggu bagi pengguna. Oleh karena sinar laser diarahkan ke retina mata, maka akan selalu fokus tanpa mempedulikan kondisi mata pengguna.

Vaunt bertujuan untuk memberikan notifikasi yang relatif sederhana, mirip seperti smartwatch, tapi Intel mengatakan kacamatanya lebih tidak kentara, memungkinkan Anda memeriksa notifikasi sembari melakukan aktivitas lainnya. Pada sebuah demo, Vaunt menunjukkan bahwa Anda bisa melihat ulang tahun seseorang dan informasi pribadi lainnya saat Anda melakukan chatting dengan mereka di smartphone.

Fitur lainnya pad Vaunt meliputi konektivitas Bluetooth untuk menghubungkannya dengan smartphone, sebuah prosesor untuk menjalankan aplikasi sebuah kompas dan akselerometer sehingga Vaunt bisa mengetahui kemana arah tatapan mata dan posisi Anda. Misalnya, Vaunt bisa mendeteksi posisi Anda di dapur dan memberikan resep masakan atau daftar belanja. Model mendatang juga akan dilengkapi dengan microphone sehingga bisa berinteraksi dengan asisten virtual seperti Siri.

Untuk mengontrol Vaunt, Intel ingin memastikan tidak ada “dampak sosial” dalam artian membuat Anda melakukan sesuatu yang mengganggu saat berbincang dengan seseorang. Alih-alih, Anda bisa mengendalikannya menggunakan gesture kepala.

Sedangkan untuk aplikasi, Intel menekankan bahwa Vaunt akan menjadi sebuah platform terbuka. Intel sedang menyiapkan peluncuran akses program awal dan SDK sehingga para pengembang bisa menemukan potensi kacamata pintar tersebut. Secara umum, program akan berjalan pada smartphone, tapi beberapa aplikasi atau fitur spesifik kemungkinan bakal digerakkan oleh Vaunt.

Sumber: The Verge

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir