Kampanye Open Source Sambangi Kampus, Dorong Pencetakan Technopreneur


Kampanye Open Source Sambangi Kampus, Dorong Pencetakan Technopreneur

PT. Equnix Business Solutions, penyedia teknologi software database Open Source berbasis PostgreSQL, menggelar kampanye edukasi software Open Source di beberapa kampus di Jawa Timur dengan tema “Sosialisasi Bisnis Berbasiskan Teknologi TI Menggunakan Sofware Open Source”. Universitas Brawijaya Malang menjadi kampus pertama yang disambangi pada 21 – 23 Maret 2018 dan disusul kemudian kampus di Surabaya pada pertengahan April 2018. Kampanye edukasi tersebut bertujuan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada para mahasiswa tentang solusi software Open Source sebagai alternatif mutakhir dan telah memainkan peranan penting dalam bisnis TI.

Kampanye edukasi berformat kuliah tamu tersebut merupakan inisiatif PT. Equnix Business Solution untuk menyampaikan kepada civitas kampus terutama para mahasiswa yang terkait dengan teknologi agar mampu mengembangkan diri lebih gesit di masa mendatang dan menjawab tantangan yang dinamis. PT. Equnix Business Solutions juga ingin memaparkan manfaat software Open Source guna membangun kreatifitas yang dapat mendorong para mahasiswa menjadi seorang technopreneur melalui kerjasama pelatihan, mentoring, dan magang serta peluang membangun jaringan lembaga riset berbasis Open Source.

“Kami memahami lingkungan pendidikan tinggi perlu mengetahui apa yang terjadi di dunia bisnis saat ini. Banyak sekali perubahan yang membutuhkan kegesitan dalam merespon, menyikapi maupun menjawab perubahan tersebut,” ujar Julyanto Sutandang, CEO PT. Equnix Business Solutions. Julyanto juga menambahkan bahwa Indonesia membutuhkan lebih banyak sarjana yang bersedia melakukan riset secara mendalam dan pengembangan software Open Source sehingga memampukan kemandirian dalam hal solusi dan sumber daya TI.

Kebutuhan tenaga kerja di bidang TI di Indonesia diperkirakan tetap tinggi seiring dengan kian bertumbuhnya perusahaan rintisan (startup) teknologi dan e-commerce dewasa ini. Namun terjadi kesenjangan karena tingginya kebutuhan tenaga ahli TI tersebut tidak dapat seluruhnya dipenuhi sehingga banyak perusahaan teknologi yang merekrut tenaga ahli dari luar negeri.

“Melalui kampanye edukasi tentang Open Source yang dilakukan oleh PT. Equnix Business Solutions ini diharapkan para mahasiswa memiliki pemahaman tentang keunggulan software Open Source  dan kebutuhan sumber daya TI di dunia bisnis, serta memberikan gambaran alternatif bisnis yang dapat dikembangkan oleh para lulusan TI,” kata Dr. Ir. Pitojo Tri Juwono, MT., Dekan Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya Malang.

Software berbasiskan Open Source menjadi alternatif menarik dibandingkan dengan software komersial berlisensi yang cenderung memonopoli pasar. Kegiatan monopoli adalah kontra produktif, terutama dalam model pasar yang bebas, karena tidak adanya persaingan yang sehat sehingga efisiensi menjadi rendah dan hampir tidak ada ruang negosiasi untuk mengefisiensikan biaya dan meningkatkan layanan. Dalam dunia TI ada komunitas gerakan Open Source, dengan semangat berbagi dan menolak cara lisensi berbayar software yang cenderung memberatkanj penggunanya.

Software Open Source memberi udara segar di Indonesia dengan memungkinkan penggunaan software legal tanpa biaya lisensi. Keuntungan menggunakan teknologi berbasis Open Source adalah kemandirian. Tidak ada ketergantungan, paksaan, maupun kepasrahan karena tidak memiliki pilihan. Software berbasis Open Source memberikan kebebasan, pilihan, kejujuran, kemerdekaan, tanpa ada ketergantungan terhadap vendor. Implementasi software berbasiskan Open Source telah menjadi solusi alternatif di banyak infrastruktur TI dan memberikan keuntungan lebih baik.

Menurut Julyanto, banyak perusahaan besar dunia sukses menggunakan berbagai software Open Source misalnya Linux untuk sistem operasi, Apache untuk server web, PostgreSQL untuk database, dan PHP, Java, Perl, Python atau lainnya untuk bahasa pemrograman. ”Dan tidak hanya perusahaan teknologi, kini praktis hampir semua perusahaan besar dunia menjalankan minimal satu software Open Source di lingkungan software mereka,” ungkapnya.

Software Open Source adalah jawaban dari ketimpangan sistem lisensi software yang cenderung kurang adil dan bersifat kapitalistik. Ke depannya, Open Source akan semakin tersebar merata ke seluruh sudut kehidupan manusia. Software Open Source juga akan semakin kuat berkembang dan menyeimbangkan industri software dan TI agar tercipta pemerataan akses informasi, kesempatan, dan pada akhirnya kesejahteraan seluruh umat manusia.

PT. Equnix Business Solutions (Equnix) yang merupakan perusahaan solusi TI berbasis software Open Source menawarkan solusi untuk menyelamatkan korporasi. Implementasi PostgreSQL merupakan sebuah “misi penyelamatan” terhadap kebutuhan akan sistem yang mumpuni dan berperforma tinggi serta mampu menangani beban produksi masif. Equnix dengan semangat Open Source selalu berusaha mengemban misi tersebut untuk membantu perusahaan-perusahaan profesional, khususnya di dunia perbankan, finansial, dan industri.

PT. Equnix Business Solutions hadir sebagai perusahaan profesional enterprise PostgreSQL tersertifikasi yang siap memenuhi kebutuhan klien dalam hal asistensi maupun kustomisasi. Saat ini PT. Equnix Business Solutions termasuk sebagai salah satu perusahaan PostgreSQL pertama di ASEAN yang memiliki jumlah tenaga bersertifikasi PostgreSQL terbanyak di wilayah tersebut. Sertifikasi diberikan oleh EnterpriseDB, dengan nilai tertinggi yang berhasil diraih mencapai 92/100.

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir