Kontrol Samsung Terhadap OLED Bisa Jadi Alasan di Balik Banderol iPhone 8


Kontrol Samsung Terhadap OLED Bisa Jadi Alasan di Balik Banderol iPhone 8

Analis KGI Securities, Ming-Che Kuo mengklaim bahwa Apple seharusnya tidak disalahkan untuk tingginya banderol model iPhone premium mendatang. Pada laporan terbarunya, Kuo meyakini monopoli Samsung terhadap pasokan OLED berkontribusi terhadap tingginya biaya panel layar.

Dibandingkan dengan layar LCD yang memiliki rata-rata biaya US$45 hingga $55 per unit, panel OLED yang diproduksi oleh Samsung diperkirakan berbiaya antara US$120 hingga US$130 per unit. Oleh karena Samsung menjadi pabrikan OLED terbesar dan pemasok eksklusif Apple, maka tingginya biaya tersebut dibebankan kepada konsumen. Komponen canggih lainnya seperti sensor pengenalan wajah bisa berkontribusi terhadap biaya keselurhan, tapi Kuo mengklaim bahwa panel OLED merupakan penyebab utama.

Untuk mengurangi ketergantungan Samsung, Apple dikabarkan sedang mengembangkan teknologi OLED tersendiri. Apple dikabarkan telah membeli mesin CVD dan membangun fasilitas R&D di Taiwan untuk berinvestasi di teknologi OLED. Selain itu, pabrikan iPhone tersebut sedang melakukan negosiasi dengan pemasok asal China dan pabrikan layar lainnya untuk memasok lebih banyak komponen.

Sumber: AppleInsider via Mashable 

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir