LG Diperkirakan pasok Sejumlah Kecil Panel OLED Untuk Apple Tahun Ini


LG Diperkirakan pasok Sejumlah Kecil Panel OLED Untuk Apple Tahun Ini

Monopoli Samsung terhadap layar OLED untuk iPhone kemungkinan bakal berakhir tahun ini menurut sumber Bloomberg.

Beragam sumber menyampaikan kepada Bloomberg bahwa Apple dalam waktu dekat akan mendapatkan pemasok panel OLED kedua yang akan digunakan pada salah satu dari dua model iPhone OLED mendatang. Pemasok kedua adalah LG Display dan untuk tahap pertama memasok antara 2 hingga 4 juta panel OLED. Angka tersebut tergolong rendah dibandingkan dengan penjualan Apple iPhone yang diperkirakan lebih dari 216 juta untuk tahun fiskal 2017.

“Mendapatkan pamasok panel OLED kedua penting bagi Apple karena memungkinkannya mengurangi ketergantungan dengan Samsung yang saat ini menjadi satu-satunya pemasok,” kata Jerry kang, analis senior IHS Markit. “Di saat yang sama, langkah tersebut bisa mempercepat pengadopsian layar OLED lebih luas. Lebih banyak pemasok berarti volume lebih tinggi sehingga harga akan turun.”

Meskipun LG Display ingin memasok seluruh panel layar untuk salah satu dari dua model iPhone OLED mendatang, saat ini belum jelas apakah memiliki kemampuan untuk memenuhinya. LG Display dikabarkan meningkatkan kapasitas produksi, tapi proses pengapalan harus melalui dua lapis persetujuan, di mana lapisan pertama dilakukan bulan depan.

Jika LG Display mampu membuktikan dirinya sebagai pemasok mumpuni, maka akan menguntungkan baik bagi Apple dan LG. Mengingat kontrol Samsung terhadap pasokan panel OLED menjadi alasan di balik tingginya harga iPhone X, maka memiliki pemasok kedua yang mumpuni akan memungkinkan Apple menawarkan lebaih baik dengan Samsung, sehingga bisa menurunkan biaya produksi iPhone OLED. LG Display akan mendapatkan sumber pendapatan lain sebagai pengganti penurunan penjualan panel LCD. LG juga disebutkan akan memasok panel OLED untuk Google Pixel 3 XL.

Meskipun telah menggaet LG Display sebagai pemasok kedua, Apple ingin mendiversifikasi pemasok karena ingin menghadirkan OLED di seluruh lini iPhone 2019. Hasilnya, banyak pabrikan panel layar meningkatkan upaya untuk mendapatkan pesanan OLED dari Apple. Pabrikan iPhone itu dirumorkan sedang mengembangkan teknologi OLED untuk mengurangi ketergantungan dengan Samsung.

Sumber: Bloomberg

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir