Microsoft Windows 10 S Akan Disebut ‘S Mode”


Microsoft Windows 10 S Akan Disebut ‘S Mode”

Microsoft mengambil pendekatan baru terhadap Windows 10 S, sistem operasi penantang Chrome OS yang menawarkan versi Windows lebih ringan dengan membatasi pengguna untuk hanya menggunakan aplikasi Microsoft Store. Menurut Thurrott dan Neowin, Microsoft merencanakan “S Mode” untuk Windows 10 Home, Enterprise, dan Pro, secara efektif membatalkan Windows 10 S sebagai produk tersendiri.

Terdapat beberapa perbedaan fungsional antara S Mode dan versi Windows 10 S yang ada. S Mode juga mengunci sistem operasi agar hanya bisa menjalankan aplikasi dari Microsoft Store. Tetap saja, pergeseran dari OS terpisah ke sebuah “mode” yang bisa Anda matikan terlihat sebagai upaya menutupi ketidakpopulerannya.

Thurrott mengabarkan bahwa meskipun 60 persen pengguna Windows 10 S tetap setia, tapi 60 persen di antaranya melakukan penggantian dalam 24 jam pertama setelah mendapatkan perangkat. Yang jelas, pengguna yang melakukan penggantian tahu yang mereka inginkan dan terasa lebih intuitif untuk bisa mematikan mode daripada melakukan upgrade ke produk terpisah.

S Mode kini lebih mirip seperti Windows 10 versi penuh karena batasan untuk melakukan upgrade lebih rendah, tergantung pada versi OS yang ingin Anda gunakan.

Misalnya, Microsoft dikabarkan merencanakan untuk mengijinkan PC yang menjalankan S Mode untuk bisa melakukan upgrade ke Windows 10 Home secara gratis. Di sisi lain, pengguna yang ingin menggunakan Windows 10 Pro harus membayar US$49 untuk mendapatkan akses penuh.

Ini juga bisa menjadi jalan bagi lebih banyak PC untuk dikapalkan menggunakan S Mode dalam kondisi aktif, tapi belum ada konfirmasi kapan pendekatan baru ini dijalankan.

Sumber: Neowin

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir