Moto Umumkan Smartphone Kelas Menengah, Moto X4


Moto Umumkan Smartphone Kelas Menengah, Moto X4

Terakhir kali Lenovo mengumumkan smartphone Moto X adalah pada 2015 dengan julukan Moto X Style. Maka dari itu, perlu waktu panjang bagi Moto meluncurkan smartphone Moto X generasi keempat – Moto X4 yang baru-baru ini diumumkan di IFA 2017 Berlin.

Moto X4 merupakan smartphone kelas menengah. Ia mengusung layar Full HD (1920 x 1080 piksel) 5,2 inci dengan Corning Gorilla Glass, rating IP68 untuk ketahanan terhadap debu dan air, dan chipset Qualcomm Snapdragon 630. Moto X4 tersedia dengan dua konfigurasi memori dan media penyimpanan berbeda yakni RAM 3 GB/ penyimpanan eMMC 32 GB atau RAM 4 GB/ penyimpanan eMMC 64 GB. Kapasitas kedua media penyimpanan bisa diekspansi hingga 2 TB via slot microSD.

Moto X4 juga menarik karena Anda bisa menghubungkan hingga empat speaker Blutooth atau headphone secara simultan yang berguna untuk speaker multi-room nirkabel atau berbagi daftar lagu enerjik dengan teman. Baterai yang diusung Moto X4 berkapasitas 3000 mAh dan tidak bisa dilepas serta dilengkapi dengan teknologi fast charging besutan Moto yakni TurboPower yang diklaim mampu mengisi baterai hingga daya tahan 6 jam hanya dengan mengisi ulang selama 15 menit.

Mengikuti tren kebanyakan smartphone saat ini, Moto X4 dilengkapi dengan sepasang kamera belakang. Kamera utama mengusung sensor 12 megapiksel dengan aperture f/2.0 dan teknologi Dual Pixel Autofocus, sedangkan unit kamera sekunder memiliki sensor 8 megapiksel dengan aperture f/2.2 dan sudut pandang 120 derajat untuk mengakomodasi pemotretan lansekap Anda. Setup kamera belakang ganda memungkinkan efek kedalaman secara real-time, seperti pemfokusan selektif dan proses pengeditan pasca-pengambilan gambar lainnya.

Kamera belakang Moto X4 juga memiliki kemampuan menarik untuk mengenali landmark, obyek, dan bahkan binatang. Cukup arahkan kamera maka akan muncul pemberitahuan yang menanyakan apakah ingin mempelajari lebih lanjut tentang apapun yang Anda lihat.

Menurut Jim Thiede, Head of Product Marketing Moto, Landmark Recognition merupakan teknologi yang dikembangkan oleh Moto dan saat ini mampu mengenali sepuluh landmark populer dari 100 kota di dunia dan akan terus bertambah. Object Recognition, meliputi buah-buahan, binatang, dan makanan, diperoleh dari database pihak ketiga. Fitur ini bahkan bisa memindai barcode, QR code, dan kartu nama tanpa bergantung pada aplikasi pihak ketiga.

Kamera depan 16 megapiksel dengan aperture f/2.0 yang diusung Moto X4 memiliki jumlah megapiksel lebih besar dibandingkan dengan kamera belakang sehingga akan diapresiasi dengan baik oleh penggemar selfie. Kamera depan menyediakan mode cahaya redup adaptif, efek beautification, dan kemampuan mengambil panorama selfie. Anda bisa menambahkan animasi Augmented Reality (AR) ke foto selfie untuk menambahkan daya tariknya.

Moto X4 menjadi smartphone pertama Motorola yang mendukung fitur Amazon Alexa. Perintah suara seperti “Show me the weather” atau “Show me Gmail” akan ditangani dengan cepat dan Anda bahkan bisa membuat balasan pesan suara atau SMS meski smartphone dalam keadaan terkunci. Dukungan Alexa saat ini hanya tersedia untuk pasar A.S., Inggris, dan Jerman. Tersedia pula Moto Key yang memungkinkan pengguna membuka situs web aman dan bahkan masuk ke perangkat yang sering digunakan menggunakan sidik jari.

Moto X4 mulai tersedia di Eropa di September 2017 dengan tawaran harga mulai €399 (~Rp. 6,3 juta) dan akan disusul wilayah pasar lainnya di musim gugur.

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir