NVIDIA Umumkan Pegasus, Komputer AI Pertama di Dunia untuk Kendaraan Otonom


NVIDIA Umumkan Pegasus, Komputer AI Pertama di Dunia untuk Kendaraan Otonom

NVIDIA baru saja mengumumkan superkomputer generasi baru untuk kendaraan Drive PX yang mengusung kode nama Pegasus.

Menurut NVIDIA, Pegasus merupakan komputer AI pertama di dunia yang mampu menghadirkan kendaraan otonom (SAE Level 5). Itu berarti seluruh aspek berkendara ditangani sepenuhnya oleh mobil.

Hal itu memungkinkan pabrikan memproduksi mobil tanpa roda kemudi, pedal, atau kaca spion sehingga memaksimalkan ruang di dalam kendaraan. NVIDIA menggambarkan masa depan di mana interior mobil mirip seperti ruang keluarga dan kantor.

CEO NVIDIA Jensen Huang mengatakan:

“Membuat mobil otonom sepenuhnya merupakan upaya paling penting sekaligus paling menantang untuk mewujudkannya. Pencapaian besar kami dalam membangun superkomputer AI dengan efisiensi dan performa yang belum pernah ada sebelumnya membuat visi tersebut bisa dicapai.”

NVIDIA mengatakan bahwa lebih dari 25 perusahaan telah mengembangkan kendaraan otonom penuh menggunakan platform Drive PX, tapi ruang bagasi mobil tersebut dipenuhi dengan komputer karena mensyaratkan performa komputasi yang masif. Hal tersebut tidak praktis untuk kendaraan produksi massal dan NVIDIA ingin mengubahnya dengan Pegasus.

Pegasus hanya menyita ruang setara dengan pelat nomor tapi mampu menyuguhkan 320 triliun operasi per detiknya. Performa tersebut sekitar 13 kali lebih tinggi dari pendahulunya yakni Drive PX 2.

Pegasus dibekali dengan dua SoC Xavier bersama dengan dua GPU diskrit generasi baru.

Selain itu, Pegasus telah memenuhi sertifikasi ASIL D dan mengusung banyak sensor otomotif termasuk di antaranyak CAN, Flexray, dan 16 sensor berkecepatan tinggi untuk kamera, LIDAR, dan Ultrasound. Ia juga memiliki sejumlah konektor 10 Gigabit Ethernet.

Menurut NVIDIA, bandwidth memori total platform tersebut mencapai 1 TB per detik.

Pegasus akan tersedia bagi rekanan di industri otomotif di pertengahan 2018.

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir