Pangsa Pasar Kartu Grafis AMD Naik Berkat Permintaan Cryptomining


Pangsa Pasar Kartu Grafis AMD Naik Berkat Permintaan Cryptomining

Demam cryptocurrency memiliki dampak menarik terhadap pasar kartu grafis.

Penambangan cryptocurrency membutuhkan kartu grafis bertenaga dan efisien sehingga menimbulkan permintaan besar terhadap kartu grafis yang berefek pada peningkatan harga jual kartu grafis.

Hal tersebut menjadi kabar kurang mengenakkan bagi para gamer. Di sisi lain, pabrikan kartu grafis juga tidak ingin memproduksi kartu grafis secara berlebih mengingat tidak stabilnya crytocurrency.

Bagaimanapun, keunggulan performa kartu grafis AMD saat digunakan untuk menambang cryptocurrency tertentu memiliki dampak positif terhadap perusahaan.

Jon Peddie Research memprediksi bahwa pangsa pasar kartu grafi AMD untuk Q4 2017 mencapai 33,7%.

Prediksi tersebut naik 6,5% dibandingkan kuartal sebelumnya dan merupakan yang tertinggi bagi AMD sejak Q2 2014.

Laporan tersebut juga mengatakan bahwa permintaan kartu grafis kelas atas dan menengah terus bertumbuh, sedangkan pasar kartu grafis mainstream pemula kurang lebih sama.

Meski ada permintaan kartu grafis yang kuat karena cryptomining, baik AMD maupun NVIDIA menegaskan bahwa komitmen mereka adalah kepada gamer dan terus memantau permintaan.

Tapi di sisi lain, kedua pabrikan chip grafis tersebut tidak membatasi penjualan kepada para penambang sehingga jangan berharap harga kartu grafis akan turun dalam waktu dekat.

Sumber: Anandtech

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir