Rumor Performa dan Harga Prosesor AMD Ryzen Bocor


Rumor Performa dan Harga Prosesor AMD Ryzen Bocor

Prosesor Ryzen besutan AMD yang banyak ditunggu akan diluncurkan bulan depan, tapi ada gambaran performa dan harga yang ditawarkan berkat banyaknya bocoran rumor. Sekadar mengingatkan, seperti halnya semua informasi yang bersifat rumor, sebaiknya jangan sepenuhnya dipercaya.

Rumor performa yang muncul menunjukkan sebuah CPU dengan kecepatan 3,4 GHz tanpa mode Turbo dan dipasangkan dengan RAM DDR4-2400 MHz pada timing longgar 17-17-17-39. Keduanya terpasang pada motherboard MSI A320, sebuah model terjangkau, bukan model kelas atas.

Pada uji thread tunggal, CPU Ryzen menyajikan sekitar 93 persen performa prosesor Intel Core i7-6800K (3,40 GHz, L3 cache 15 MB). Sebagai perbandingan, AMD Piledriver secara umum menorehkan 58 persen performa inti prosesor Intel.

Satu kekurangan adalah benchmark yang digunakan adalah uji sintetis Passmark yang kurang bisa mengukur performa komputasi sehari-hari.

Meski demikian, torehan performa tersebut masih pantas dipertimbangkan karena menunjukkan bahwa AMD setelah sekian lama pada akhirnya mampu tampil kompetitif melawan Intel.

WCCFTech juga mem-posting informasi yang diklaim sebagai lini lengkap prosesor AMD Ryzen yang meliputi Ryzen 3, 5, dan 7. Sayangnya, tidak mudah untuk memverifikasi informais tersebut saat ini sehingga jangan menganggapnya sebagai fakta kebenaran.  

Rumor informasi yang lebih menarik adalah harga tiga Ryzen 7 yang dimulai US$ 319 hingga US$ 499. Jika informasi harga tersebut akurat, Ryzen akan memaksa Intel mengoreksi harga prosesor tawarannya ke tingkat yang kompetitif. Melihat tabel di bawah ini, CPU Ryzen 8-core ditawarkan dengan harga setengah dari CPU 8-core besutan Intel seperti Core i7-6900K.

Tentu saja, Intel akan menunggu dan melihat situasi sebelum melakukan penyesuaian harga sebelum melihat performa Ryzen yang sebenarnya. Dan kita sebagai konsumen pun seharusnya jangan terlalu tergesa-gesa melakuka penilaian hingga prosesor Ryzen resmi diluncurkan AMD.

Sumber: ExtremeTech

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir