SMS Pertama Kali Dikirim 25 tahun lalu, Ini Isinya


SMS Pertama Kali Dikirim 25 tahun lalu, Ini Isinya

SMS pertama kali dikirim 25 tahun lalu pada 3 Desember 1992. SMS tersebut dikirim oleh seorang insinyur, Neil Papworth dari PC-nya menggunakan jaringan GSM Vodafone di Inggris ke ponsel Orbitel 901 milik direktur Vodafone, Richard Jarvis. Pesan tersebut bertuliskan “Merry Christmas.”

Teknologi SMS sebenarnya telah ada sebelumnya dan disebarluaskan oleh insinyur Nokia, Matti Makkonen. Tetapi membutuhkan waktu lama bagi SMS untuk beradaptasi secara luas, karena operator tidak menawarkannya sebagai sebuah layanan (layanan SMS pertama baru ditawarkan kepada konsumen pada akhir tahun 1993), dan karena pada awalnya ponsel tidak dirancang untuk mengetik (Nokia 2010, yang dirilis pada Januari 1994, adalah ponsel pertama yang mendukung pengiriman SMS dengan mudah).

Pada tahun 1995, rata-rata jumlah yang dikirim hanya 0.4 SMS per konsumen setiap bulan. Pada akhir tahun 2000, angka tersebut naik hingga 35 per konsumen setiap bulan, dan saat ini sekitar 18,7 miliar SMS terkirim di seluruh dunia setiap hari. Tentu saja, pesanberbasis data telah mengalahkan SMS, dan kini menjadi bentuk yang paling populer untuk mengirim pesan. Bahkan, WhatsApp sendiri menyumbang 55 miliar pesan setiap hari di seluruh dunia.

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir