Spesifikasi UFS 3.0 Janjikan Performa Lebih Cepat dan Hemat Daya


Spesifikasi UFS 3.0 Janjikan Performa Lebih Cepat dan Hemat Daya

JEDEC telah mempublikasikan spesifikasi UFS 3.0 yang menghadirkan pembaruan performa, daya, dan fitur pada standar penyimpanan tersebut.

Universal Flash Storage digunakan pada perangkat mulai dari smartphone, tablet, hingga Chromebook, sehingga memiliki pengaplikasian yang luas.

UFS 3.0 menggandakan bandwidth per jalur milik UFS 2.1 dan menyediakan kecepatan transfer data puncak 23,2 Gbps. Selain itu, UFS 3.0 memperkenalkan mode pasokan daya VCC 2,5 Volt yang memfasilitasi konsumsi daya lebih rendah dan dukungan terhadap tipe flash NAND terkini. Sebagai perbandingan, UFS 2.1 beroperasi antara 2,7 Volt dan 3,6 Volt.

VCC 2,5 Volt sebenarnya hanya salah satu dari tiga pasokan daya berbeda untuk perangkat penyimpanan eUFS 3.0, tapi mensyaratkan untuk menambahkan dukungan bagi flash NAND tipe baru dengan densitas bit lebih tinggi, termasuk 3D NAND.

UFS 3.0 kini juga menawarkan fitur yang didesain secara spesifik untuk otomotif dengan dukungan standar untuk rentang temperatur lebih lebar dan operasi “refresh” untuk keandalan dan kemampuan menyimpan data lebih lama.

Di atas kertas, UFS 3.0 seharusnya memungkinkan performa lebih cepat dan kapasitas penyimpanan lebih besar di smartphone dan tablet, tapi masih belum jelas kapan perangkat baru bakal mengusung standar baru tersebut. Paling tidak untuk saat ini, SoC mobile dari Qualcomm, MediaTek, HiSilicon, dan Samsung belum mendukungnya, jadi perlu waktu lebih lama sebelum akhirnya masuk ke pasar.

Sumber: JEDEC via AnandTech

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir