Xiaomi Umumkan Smartphone Android Pertamanya Tanpa MIUI


Xiaomi Umumkan Smartphone Android Pertamanya Tanpa MIUI

Smartphone Xiaomi A1 merupakan smartphone pertama Xiaomi yang mengusung sistem operasi Android versi standar atau tanpa MIUI dan akan segera hadir di Indonesia.

Smartphone baru tersebut menjalankan sistem operasi Android versi standar atau tidak menyediakan antarmuka MIUI yang bisa ditawarkan oleh Xiaomi. Hal itu dilakukan karena A1 merupakan inisiatif Android One yang ingin menyediakan smartphone berbanderol terjangkau di wilayah pasar tertentu dan memberikan pembaruan firmware secara langsung dari Google. Target pasar pertamanya adalah negara berkembang di wilayah Asia Selatan. Mengingat popularitas Xiaomi di India dalam beberapa tahun terakhir, maka masuk akal jika pabrikan smartphone asal China tersebut berkolaborasi dengan Google menghadirkan Android One. Bahkan, A1 akan mendapatkan sistem operasi Android 8.0 (Oreo) akhir tahun ini.

Xiaomi A1 merupakan smartphone terjangkau, tapi menawarkan pula konfigurasi kamera belakang ganda dengan sensor 12 megapiksel, zoom optikal 2x tanpa stabilisasi gambar optikal. Bodinya menggunakan sasis aluminium dan menyediakan sensor sidik jari di belakang perangkat.

Dari sisi hardware, Xaiomi A1 menawarkan layar Full HD 5,5 inci, port audio 3,5 mm, konektor USB Type-C untuk pengisian daya dan transfer file, RAM4 GB dengan penyimpanan internal berkapasitas 64 GB, slot kartu microSD, dan 3080 mAh.

Xaiomi menawarkan Xiaomi A1 dengan banderol ritel INR 14.999 di India atau sekitar Rp. 3,1 juta. Dari segi harga, Xiaomi A1 setara dengan lini Redmi di mana yang terbaru di tanah air adalah Xiaomi Redmi Note 4 (simak ulasannya di sini) yang mengusung banderol Rp. 2.399.000 saat peluncuran. Menariknya, kedua smartphone mengusung chipset yang sama yakni Qualcomm Snapdragon 625. Saat peluncuran, Xiaomi A1 tersedia dalam varian warna Black, Gold, dan Rose Gold.

Saat pengumumannya, Xiaomi A1 hanya tersedia di India yang akan dikuti wilayah pasar lainnya di Asia Pasifik termasuk Indonesia. Belum ada informasi seputar harga dan ketersediaannya di Indonesia.

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir