YouTube Gunakan Machine Learning Ciptakan Fitur Efek Green Screen


YouTube Gunakan Machine Learning Ciptakan Fitur Efek Green Screen

Insinyur software, Valentin Bazarevsky dan Andrei Tkachenka dari tim riset Google melalui blog mengumumkan telah meluncurkan fitur aplikasi YouTube yang  memungkinkan segmentasi video mobile secara real-time pada perangkat ke dalam YouTube stories (disebut sebagai “reels”).

Dikenal sebagai efek “green screen” (layar hijau), segmentasi video memungkinkan Anda memisahkan latar depan gambar dari latar belakang dan menjadikannya sebagai dua lapisan terpisah. Intinya, Anda bisa mengubah latar belakang sehingga bisa menempatkan Anda di lokasi yang sama sekali berbeda. Biasanya hal tersebut dicapai dengan merekam video di depan layar monokrom (biasanya berwarna hijau), tapi Google berhasil mendapatkan efek yang sama dengan menggunakan machine learning dan convolutional neural network.

Para insinyur software melakukan anotasi atau “menggambar” puluhan ribu foto portrait yang menampilkan obyek gambar dengan beragam pose berbeda serta latar belakang foto bervariasi. Langkah berikutnya adalah memberikan label secara akurat lokasi beragam elemen gambar seperti rambut, leher, kacamata, bibir, dan sebagainya. Berdasarkan database tersebut, Valentin dan Andrei mengatakan telah mencapai hasil lintas validasi 98% Intersection-Over-Union dari kualitas anotasi manusia.

Untuk menerapkannya pada video, para insinyur memisahkan tiap frame video ke dalam Red, Green, dan Blue channel dan menambahkannya pada mask dari frame sebelumnya untuk konsistensi. Para insinyur juga mesti melatih agoritma machine learning agar bisa menangani kasus seperti saat orang tiba-tiba muncul di area pandang kamera.

Seperti yang tampak pada gambar di atas, hasilnya lumayan memikat. Tapi sayangnya, fitur tersebut hanya disiapkan untuk penyebaran terbatas di YouTube stories dan seperangkat efek pertama. Semoga ini menjadi bagian dari tool di YouTube bagi seluruh pengguna dalam waktu dekat!

Sumber: Google Blog

Semua Kategori Berita

Berita 12 Bulan Terakhir