RAM PC

4 Mitos Tentang RAM yang Ternyata Sesat

Saat membeli PC/laptop baru, salah satu hal yang paling penting untuk di pertimbangkan adalah jumlah memori, yang juga di kenal sebagai RAM.

Tugas RAM adalah menyimpan data atau mengingat perhitungan sementara sehingga prosesor tidak perlu mengulang perhitungan tersebut setiap saat.

Secara teoritis, semakin besar ukuran RAM PC, semakin baik kinerja komputer seharusnya.

Namun terlepas dari pentingnya, banyak orang salah paham tentang RAM.

Jadi ada banyak mitos tentang RAM.

Agar tidak tertipu, mitos-mitos seputar RAM berikut ini salah dan tidak boleh di percaya.

Mitos RAM PC yang salah arah

1. Kami tidak membutuhkan RAM PC yang besar

Apakah kita benar-benar membutuhkan lebih banyak RAM? Toh, jumlah RAM yang Anda miliki sekarang sudah cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi.

Ya, mungkin jumlah RAM cukup untuk menjalankan aplikasi. Namun dengan lebih banyak RAM, aplikasi berjalan lebih cepat dan lebih stabil. Lebih banyak RAM membantu.

Lalu berapa banyak RAM yang benar-benar Anda butuhkan? Jika Anda adalah pengguna PC/Laptop biasa, minimal RAM 4 GB, tetapi ukuran yang di sarankan untuk kinerja harian terbaik adalah RAM 8 GB.

Jadi Anda tidak perlu menunggu lama saat membuka aplikasi yang Anda inginkan. Sementara itu, RAM 16 GB tersedia untuk para gamer atau profesional yang bekerja dengan grafis dan video.

2. Lebih banyak RAM, sistem lebih cepat?

Banyak orang berpikir bahwa mengupgrade memori pada PC/Laptop secara otomatis akan meningkatkan kinerja komputer secara keseluruhan. Tapi itu belum tentu benar, selain ukuran RAM, ada beberapa hal lain yang menentukan kinerja komputer.

Misalnya, jika Anda memiliki komputer dengan RAM 8 GB, tingkatkan ke 16 GB. Secara umum, pengguna komputer biasa tidak akan melihat perbedaan langsung yang besar antara RAM 8GB dan RAM 16GB. RAM tidak secara drastis meningkatkan kinerja komputer.

Kecuali Anda seorang gamer atau profesional yang bekerja sebagai desainer grafis atau editor video. Kemudian Anda dapat merasakan bahwa komputer dengan lebih banyak memori cenderung lebih stabil dan lebih cepat.

Jadi apakah RAM yang lebih besar lebih baik? Itu benar-benar tergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda hanya melakukan pekerjaan ringan, RAM 16 GB tidak akan terlalu membantu kinerja komputer.

3. RAM ukuran berbeda tidak dapat di tambahkan

Pada umumnya laptop atau komputer di lengkapi dengan dua slot memori. Ada mitos bahwa kedua slot harus memiliki jumlah RAM yang sama.

Ya, sangat di sarankan untuk menggunakan RAM dengan model, ukuran, dan frekuensi yang sama. Alasan untuk ini adalah bahwa RAM terdiri dari beberapa komponen yang semuanya bersatu untuk mencapai kinerja yang optimal bersama-sama.

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan ukuran RAM yang berbeda. Misal slot memori pertama 4GB, masih bisa di tambah RAM 8GB.

Namun, setelah Anda mengaktifkan mode saluran ganda (mode fleksibel), dua memori 4GB akan muncul berdampingan dengan kinerja yang optimal. Sisanya 4 GB berjalan dalam mode saluran tunggal.

4. Kosongkan RAM untuk meningkatkan kecepatan

Ini adalah mitos yang paling menjengkelkan, tetapi masih di praktikkan secara luas. Seringkali pengguna menggunakan perangkat lunak “RAM Booster” atau “Memory Optimizer” untuk mengosongkan RAM yang di gunakan oleh sistem komputer.

Jika RAM penuh, mengosongkan RAM dengan salah satu program booster tidak akan berpengaruh. Di sisi lain, ini mungkin benar-benar memperlambat sistem karena “membebaskan” berarti Anda menghapus perhitungan tertentu dari memori RAM.

RAM tidak sama dengan harddisk atau memori, RAM menyesuaikan sendiri secara otomatis. Selama kita tidak membuka banyak aplikasi secara bersamaan, tidak masalah.

Kata terakhir

Itulah beberapa mitos tentang RAM. Meskipun RAM sangat penting, pastikan sistem operasi mendukungnya.

Misalnya, sistem operasi 32-bit memiliki batas pengenalan RAM hingga 4GB. Jadi, jika Anda menjalankan Windows versi 32-bit, Anda mungkin tidak akan mendapat manfaat dari memasang RAM 8GB.

Jadi berapa banyak RAM yang ingin Anda gunakan mengingat kebutuhan Anda saat ini? bagikan pendapat Anda

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *