Fitur Bluetooth

7 fitur Bluetooth yang PASTI tidak Anda ketahui

Fitur Bluetooth merupakan perangkat keras yang disematkan pada berbagai perangkat elektronik seperti laptop, smartphone, printer, kamera digital bahkan proyektor.

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan perangkat bluetooth yang satu ini, namun tahukah anda apa saja fungsi dari bluetooth tersebut?

Perangkat keras ini merupakan teknologi pengganti dari generasi sebelumnya, yaitu infra merah.

Sejauh ini teknologi Bluetooth sudah mencapai versi 4.

Pada umumnya perangkat yang menggunakan Bluetooth saat ini hanya menggunakan versi 3, sehingga versi 4 masih jarang ditemukan pada perangkat yang ada di pasaran.

Teknologi Bluetooth ini pertama kali dikembangkan oleh Ericsson pada tahun 1994. Bluetooth mampu mengatur jaringan area pribadi (PAN) yang mencakup area jarak dekat.

Karena Anda sudah mengetahui fungsi Bluetooth (transfer file) secara umum, saya tidak akan mencantumkan fungsi ini lagi. Berikut adalah fitur Bluetooth yang tidak Anda ketahui:

Fitur Bluetooth yang Pasti Belum Anda Ketahui

1. Untuk file cetak

Mencetak atau printing merupakan rutinitas yang hampir semua orang lakukan untuk menyelesaikan tugasnya.

Mencetak dengan menyambungkan kabel ke laptop sangat merepotkan, apalagi saat kabel printer pendek.

Bagi Anda yang tidak lagi ingin mencetak dengan mencolokkan kabel, Anda dapat beralih ke printer yang mendukung Bluetooth.

Anda dapat google sendiri untuk printer apa pun yang mendukung Bluetooth.

2. Untuk bertukar file dengan kamera digital dan handycam

Kini Anda tidak perlu khawatir saat kamera digital atau camcorder Anda penuh karena sekarang sudah banyak kamera digital atau camcorder yang mendukung Bluetooth.

3. Dengarkan musik secara nirkabel

Dengan bantuan teknologi Bluetooth, kini Anda dapat mendengarkan musik favorit tanpa perlu repot mencolokkan kabel.

Untuk kategori ini, saat ini ada dua perangkat audio yang mendukung teknologi Bluetooth, yakni headset dan speaker.

Jika Anda ingin memutar musik keras dan keras tanpa repot kabel, Anda dapat beralih ke speaker yang mendukung teknologi Bluetooth karena ada banyak produk speaker Bluetooth di pasaran.

Di sisi lain, jika Anda ingin memutar musik dengan suara pelan tanpa mengganggu orang lain, Anda dapat beralih ke headset Bluetooth.

4. Untuk terhubung dengan mouse dan keyboard

Apakah mouse Anda memiliki kabel yang sangat panjang dan tidak praktis?

Sekarang Anda dapat menggunakan mouse lagi tanpa perlu repot mencolokkan kabel.

Sudah banyak produk mouse dan keyboard yang beredar di pasaran dengan harga yang berbeda-beda, kini Anda dapat beralih menggunakan mouse atau keyboard tanpa perlu repot memasang kembali kabel.

Kamu bisa menyambungkan keyboard tidak hanya ke laptopmu, tapi juga  bisa ke smartphone anda.

5. Cara bermain game dengan gamepad

Gamepad adalah perangkat yang digunakan sebagai antarmuka antara pengguna game komputer untuk memudahkan bermain game.

Gamepad yang ideal sebaiknya tidak menggunakan kabel karena membatasi pergerakan dan fleksibilitas penggunaannya.

Salah satu solusi untuk meningkatkan fleksibilitas pengguna gamepad adalah dengan menggunakan Bluetooth sebagai media koneksi ke komputer tanpa menggunakan kabel.

Kini kamu bisa bermain game tanpa harus berada di dekat monitor lagi.

6. Fitur Bluetooth Untuk menyambungkan ke proyektor

Bagi Anda yang menyukai presentasi, Anda dapat menggunakan proyektor dalam jarak yang lebih jauh dengan proyektor yang mendukung teknologi Bluetooth dibandingkan dengan proyektor berkabel.

Tidak menjadi masalah lagi jika Anda ingin melakukan presentasi dengan membawa perangkat yang terhubung dengan proyektor.

7. Berbagi koneksi internet atau tethering dengan Bluetooth

Tethering berbagi koneksi Internet dengan perangkat lain, tetapi perangkat yang tethering harus memiliki akses ke dan terhubung ke Internet.

Singkatnya, fitur ini dapat berbagi koneksi internet dengan pengguna smartphone lain, dengan syarat pengguna lain harus terhubung ke smartphone yang bertindak sebagai pusat.

Untuk menggunakan dan mencobanya, Anda perlu menyiapkan smartphone yang sudah memiliki koneksi internet dan buka pengaturan ** Tethering dan portable hotspot ** dan nyalakan Bluetooth tethering.

Selanjutnya, siapkan smartphone lain yang tidak memiliki koneksi internet dan Anda melakukan cara yang sama dengan smartphone pertama.

Itulah beberapa fitur Bluetooth yang belum Anda ketahui. Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan tanyakan di kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.