Apple iPad Mini: Si Mungil Berambisi Besar


Overview, Desain, dan Fitur

Pasar tablet tujuh inci mulai bergairah saat Amazon memperkenalkan Kindle Fire yang dijual seharga US$ 199 pada akhir September 2011. Mengusung layar 7 inci, prosesor dual-core, antarmuka Android kustom, Amazon Kindle Fire menempatkan diri sebagai tablet alternatif bagi Apple iPad dan menjadi tablet Android terlaris di pasar Amerika Serikat.

Google turut meramaikan pesta pada bulan Juni silam dengan merilis Nexus 7 dengan harga yang sama kompetitifnya dengan produk Amazon namun spesifikasi lebih superior. Seperti yang kami bahas dalam review kami, Nexus 7 tak tertandingi soal performa, desain, fitur, dan harga. Penjualan Nexus 7 sendiri melonjak selama beberapa bulan terakhir, dari 500 ribu unit di bulan Juli menjadi hampir mencapai satu juta pada bulan Oktober.

Pada saat yang sama, berhembus kabar bahwa Apple sedang menggarap sebuah iPad yang lebih mungil. Sama seperti bagaimana Apple iPhone 5 menjadi kenyataan, iPad yang lebih mungil adalah perangkat yang tak banyak berbeda dari apa yang telah muncul dalam berita. Pada 23 oktober lalu, Apple akhirnya merilis iPad Mini.

Respon awal yang diterima tidak terlalu positif karena Apple dianggap mematok harga jual yang terlampau tinggi. Apalagi, iPad Mini juga tergolong kurang andal dalam sejumlah aspek. Jadi apakah Apple iPad Mini adalah produk yang gagal? Simak ulasan kami berikut untuk tahu lebih lanjut. Berikut adalah spesifikasi singkatnya:

 

   Highlight utama Apple iPad Mini (Wi-Fi)

  • Apple iOS 6.0.1
  • Layar IPS 7,9 inci dengan LED-backlit / 1024 x 768 piksel
  • Prosesor dual-core Apple A5
  • RAM 512 MB
  • Memori internal 16/32/64 GB
  • Kamera belakang 5 megapiksel dengan otofokus dan BSI, F2,4
  • dan lensa lima elemen.
  • Kamera FaceTime HD 1,2 megapiksel
  • Baterai 4400 mAh
  • 308 gram
  • 200 x 134,7 x 7,2 mm
     

 

Desain

Tipis dan ringan masih menjadi fokus utama Apple jika menyangkut urusan desain (dengan pengecualian iPad generasi ketiga) dan tema ini memang merupakan highlight utama untuk banyak produk baru mereka termasuk MacBook Pro 13 inci dengan Retina Display, iMac baru, iPod Touch generasi kelima dan iPhone 5.

Dengan ketebalan hanya 7,2 mm, iPad Mini adalah tablet tertipis di pasaran saat ini dan tampaknya masih akan begitu hingga akhir tahun ini. Dalam keluarga iOS sendiri, ia menempati posisi kedua setelah iPod Touch 6,1 mm dan selangkah di atas iPhone 5 dengan 7,6 mm.

 

Apple iPad Mini juga menjadi tablet masal paling ringan di dunia. Kami menambahkan label 'masal' karena penyedia layanan seluler asal Jepang, NTT DoCoMo baru-baru ini memperkenalkan tablet paling ringan di dunia dengan berat hanya 249 gram. Namun apakah tablet berbasis Android ini akan tersedia di luar Jepang masih belum bisa dipastikan.

 

Jujur saja, kata-kata dan foto tidak cukup menjelaskan ketipisan Dan keringanan iPad Mini. Anda harus merasakannya sendiri untuk memahami apa yang coba kami ungkapkan. Selama pengujian, beberapa rekan kerja dan teman kami juga mencoba memegang iPad Mini dan mengaku terkejut pada perawakannya yang begitu tipis dan ringan, apalagi mengingat kebanyakan dari mereka juga sudah memiliki tablet 7 inci. Karena itu, perbedaan yang dibuat Apple tampak semakin menonjol meski di atas kertas mungkin tak terlalu signifikan.

Mengambil inspirasi desain dari iPhone 5, iPad Mini mengusung panel belakang anodized alumunium yang sama tanpa lapisan kaca di atas dan bawah. Casis logam memberikan kesan halus tapi kokoh, yang tidak ada pada tablet pesaingnya seperti Google Nexus 7 dan Samsung Galaxy Tab.

 

 

Karena ia memiliki finish yang sama dengan iPhone 5, kami memiliki kendala chipping yang sama. Untuk sekarang, iPad Mini terasa cukup tangguh untuk penggunaan sehari-hari sejak peluncurannya. Hanya waktu yang bisa menjelaskan apakah masalah itu akan timbul nantinya.

Muka depan iPad Mini didominasi layar 7,9 inci dengan LED-backlit dengan bezel relatif tipis di sepanjang sisinya. Ini adalah desain khusus Apple sehingga bisa memasang layar sebesar itu pada perangkat seukurannya. Seperti tampak pada foto perbandingan berikut, ukurannya tak berbeda jauh dari tablet kompetitor tapi dengan layar lebih besar. Perbedaan utama yang membuat hal ini mungkin adalah kegigihan Apple menggunakan aspek rasio 4:3 dibandingkan aspek rasio layar lebar 16:9 pada produk kompetitor. Baik iPad generasi ketiga dan keempat dengan Retina Display memiliki resolusi 2048 x 1536 piksel mau pun iPad Mini beresolusi 1024 x 768 piksel, keduanya mempertahankan aspek rasio 4:3 yang sama. Karena itu, perangkat ini lebih cocok untuk browsing konten saat layar dalam keadaan vertikal dan konsumsi konten seperti membaca jurnal atau ebook.

 

Tombol home fisik masih ada di bagian tengah bawah layar sementara bagian atas menampung kamera FaceTime HD 1,2 megapiksel. Pada bagian atas iPad Mini adalah jack audio 3,5 mm di kiri jauh dan tombol daya di kanan jauh. Di bagian samping kanan perangkat adalah kunci rotasi layar/silent dan kontrol volume. Tombol daya dan kontrol volume sedikit menonjol dan terasa lumayan responsif. Di bawah ada dok Lightning dan speaker ganda.

 

 

Fitur 

Secara default, iPad Mini dilengkapi iOS 6. Apple baru saja merilis update iOS 6.0.1 yang utamanya menyasar pengguna iPhone 5. Update iOS 6.0.1 menawarkan perbaikan dan fix bug:

  • Mengatasi bug yang mencegah iPhone 5 menginstal update software secara nirkabel
  • Mengatasi bug di mana garis horizontal muncul pada keyboard
  • Mengatasi masalah yang bisa menyebabkan flash kamera tidak bisa dimatikan
  • Meningkatkan reliabilitas iPhone 5 dan iPod Touch (generasi kelima) saat terhubung ke jaringan Wi-Fi dengan enkripsi WPA2
  • Mengatasi kendala yang mencegah iPhone menggunakan jaringan seluler pada beberapa kasus
  • Menggabungkan penggunaan data seluler untuk iTunes
  • Memperbaiki bug passcode lock yang kadang mengijinkan akses ke detil pass Passbook dari lock screen
  • Mengatasi bug yang mempengaruhi Exchange meeting

Fitur unik yang terintegrasi dalam iPad Mini adalah kemampuannya mengabaikan sentuhan yang tidak diinginkan pada sisi layar. Dengan bezel lebih tipis, Anda pasti lebih mudah menyentuh saat menggenggam. Menurut Apple, iPad Mini mampu mengenali jempol (atau jari) hanya bersandar atau sengaja berinteraksi dengannya. Fitur ini bekerja dengan sempurna meski kadang menolak sentuhan kami.