ASUS H170Pro Gaming - Rasa ROG Terjangkau

ASUS H170Pro Gaming - Rasa ROG Terjangkau

 

Lahir dari lini motherboard gaming terjangkau besutan ASUS, H170 Pro Gaming hadir sebagai varian bagi gamer berdana terbatas dan hanya membutuhkan fitur-fitur esensial. Terutama bagi Anda yang tidak membutuhkan fitur overclocking prosesor dan memori yang disediakan motherboard Z170. Meski demikian, H170 Pro Gaming menyediakan jajaran fitur esensial tersebut dengan sentuhan mewah khas ASUS.

Total tersedia enam port SATA 6 Gbps, dua di antaranya diperoleh dari satu port SATA Express yang kemungkinan besar lebih banyak menganggur karena belum tersedianya perangkat penyimpanan berantarmuka SATA Express.Tersedia satu slot M.2 Socket 3 (PCIe x4 3.0) yang mendukung SSD SATA & PCIe berfaktor bentuk 2241/2260/2280/22110. Jika belum cukup gesit, ASUS menyediakan teknologi RAMCache untuk mempercepat proses loading game. Antarmuka penyimpanan gesit lainnya tersedia melalui dua port USB 3.1 Type-A dan Type-C yang disediakan kontroler ASMedia di panel I/O belakang.


Hanya ada dua port USB 2.0 dan USB 3.0 di panel I/O belakang karena H170 Pro Gaming menyediakan banyak pilihan konektivitas video yakni DisplayPort, HDMI, DVI, dan D-Sub. Jajaran port video tersebut tersedia bagi gamer yang belum bisa membawa pulang kartu grafis diskrit besutan AMD maupun NVIDIA. Menariknya, ASUS menawarkan fitur GPU Boost untuk meningkatkan performa GPU terintegrasi melalui software AI Suite 3. ASUS melengkapi H170 Pro Gaming dengan dua slot PCIe 3.0 x16, namun slot kedua berjalan pada mode x4 sehingga hanya bisa mendukung konfigurasi multi-GPU AMD CrossFire, bukan NVIDA SLI yang mensyaratkan mode x8.

Seperti Z170 Pro Gaming, H170 Pro Gaming menggunakan kontrol Gigabit LAN Intel I219V yang diklaim tidak terlalu membebani prosesor dibandingkan dengan solusi lainnya. Pengelolaan lalu-lintas paket data jaringan ditangani fitur GameFirst III untuk memastikan pengalaman game online terbaik. ASUS SupremeFX menjadi solusi audio H170 Pro Gaming yang menggunakan codec Realtek ALC1150 dan amplifier sehingga mampu menggerakkan headphone berimpedansi hingga 300 ohm. Komponen audio juga memiliki sirkuit terpisah pada motherboard untuk mengurangi gangguan sinyal. ASUS juga melengkapinya dengan fitur Sonic Radar II yang memungkinkan Anda mengetahui lokasi musuh berdasarkan suara di dalam game.

Tidak semua gamer membutuhkan fitur overclocking sehingga penghematan biaya dari pembelian prosesor Intel Skylake seri non-K bisa digunakan untuk mendapatkan perangkat penyimpanan M.2 maupun kartu grafis diskrit. ASUS H170 Pro Gaming menjadi platformmotherboardgaming dengan tawaran harga dan fitur menarik yang kian melengkapi sistem gaming Anda.