Canon PowerShot G9 X: Kenyamanan dan Kepraktisan

Canon PowerShot G9 X: Kenyamanan dan Kepraktisan

 

Kehadiran smartphone berkamera mutakhir dan semakin digandrungi adalah beberapa faktor yang mempengaruhi minat konsumen terhadap kamera digital. Namun bagi sebagian orang, kualitas foto yang dihasilkan kamera digital tetap lebih memuaskan dibandingkan dengan smartphone.


Salah satu kamera digital teranyar, PowerShot G9 X, merupakan kamera dari Canon yang paling kompak dan paling ringan di jajaran kamera seri PowerShot G mereka. Hanya berbobot 209 gram, PowerShot G9 X memiliki dimensi 98 x 57,9 x 30,8 mm. Kamera saku ini dibekali dengan sensor bertipe CMOS 1 inci serta resolusi 20,2 megapiksel yang memiliki kepekaan cahaya hingga ISO 12.800.

Tidak luput pula tersemat prosesor imaji eksklusif milik Canon, DIGIC 6. Untuk urusan lensa, PowerShot G9 X dilengkapi dengan focal length 28 – 84 mm (setara 35 mm). Lensa yang bersenjatakan zoom optik 3x tersebut dilengkapi dengan aperture f/2.0 hingg f/4.9. dengan demikian, kamera tersebut memiliki fungsi untuk memotret gambar dengan efek bokeh yang halus.

Menilik bagian desain, menurut kami PowerShot G9 X terlihat menonjol lantaran tampilannya yang klasik. Kamera dengan panel LCD TFT 3 inci ini hadir dengan dua warna: hitam dan silver. Kedua warna tersebut hadir aksen lapisan mirip kulit di bagian pinggir yang memunculkan grip yang lebih baik saat digenggam dibandingkan dengan kamera saku kebanyakan. Di pinggir lensa, Anda akan menumukan cincin kontrol yang tidak dimiki oleh kebanyakan kamera saku. Meski terbalut dengan bahasa desain klasik, PowerShot G9 X hadir dengan konektivitas Wi-Fi dan teknologi NFC serta kompatibel dengan aplikasi Canon Camera Connect yang memungkinkan Anda mengontrol zoom, fokus, kecepatan shutter, ISO, aperture, dan rasio aspek dari jauh via perangkat pintar.

Tata letak tombol kontrol pada PowerShot G9 X tersusun dengan rapih. Di bagian belakang, Anda akan melihat empat tombol berjejer di sebelah kanan. Tidak ada tombol navigasi arah untuk mengakses menu antarmuka kamera. Dengan demikian, sebagian besar akses menu dapat Anda lakukan di layar sentuh kamera ini. Antarmuka G9 X juga dibuat sederhana sehingga kami dapat mengatur seting dengan mudah.

Dari segi performa, kamera dengan kecepatan shutter maksimal 1/2000 detik ini mereproduksi hasil foto berkualitas di kelasnya dengan warna menampilkan warna primer yang sangat alami. Satu keluhan kami pada kamera ini adalah performa otofokus yang kurang gesit di kondisi cahaya remang. Namun kabar baiknya adalah hasil foto yang dipotret di daerah minim cahaya tidak menampilkan noise yang berarti dan detil pun terlihat jelas.

Menawarkan aperture besar f/2.0 berarti Anda dapat memotret subjek dengan bokeh mumpuni menggunakan kamera digital saku. Dan hadirnya cincin kontrol di pinggiran lensa mengartikan bahwa Anda dapat melakukan pengaturan cepat dan efisien terutama saat menggunakan mode TV dan AV.