Desain Memikat - Acer Liquid Z520

Acer Liquid Z520

Sekalipun berbahan dasar plastik, pola flanel yang tercetak di bagian belakang Acer Liquid Z520 menjadikan smartphone ini lebih menarik perhatian dan tidak terlalu terkesan ringkih. Pola flanel tersebut juga tidak mudah tergores dan anti terhadap noda sidik jari.

Namun, kami merasa Liquid Z520 kurang nyaman saat berada di genggaman tangan. Meski demikian, smartphone dengan layar 5 inci tersebut dilengkapi pula dengan desain bergerigi yang mengelilingi sisi Liquid Z520 sehingga memberikan ekstra grip ketika digenggam. Di bagian bawah layar terdapat tiga tombol navigasi kapasitif, kami merasa ketiga tombol tersebut kurang responsif ketika diakses.

Liquid Z520 tidak mengusung unibodi seperti kebanyakan smartphone saat ini. Artinya, Anda harus membongkar bagian belakang smartphone untuk mengakses kartu SIM dan microSD. Anda akan melihat tombol volume dan tombol daya di sisi sebelah kanan. Pola tombol tersebut dibuat polos sehingga Anda dapat dengan mudah mengaksesnya walau tanpa melihat. Port pengisian daya dan port headset keduanya ditempatkan di bagian atas smartphone.

Salah satu fitur yang menarik perhatian adalah hadirnya sistem suara DTS Studio. Dengan menggunakan earphone, fitur ini menghasilkan detil dan rentang suara unggulan sehingga meningkatkan pengalaman Anda ketika menonton video dan mendengarkan musik.

Dengan berbekal resolusi layar 480 x 854 piksel, ikon pada antarmuka smartphone ini terlihat besar. Kualitas warna yang direproduksi layar jauh dari kata sempurna karena kami terganggu pantulan cahaya sekitar ketika mengaksesnya di lingkungan terang. Layarnya yang hanya mendukung dua titik sentuh tersebut juga tidak memiliki sudut pandang yang bagus sehingga Anda harus benar-benar mengaksesnya dengan menghadap ke wajah.

Saat menguji performa dengan bermain game Beach Buggy Blitz, kami merasa Liquid Z520 terasa kurang responsif serta menampilkan beberapa kali gangguan lag terlebih saat game menampilkan grafik dengan detil tinggi. Skor 19180 pada aplikasi AnTuTu Benchmark membuat smartphone dengan prosesor quad-core ini berada di bawah posisi Xiaomi MI 2.

Dalam hal performa baterai, smartphone dengan kapasitas baterai 2.000 mAh tersebut bertahan 5 jam 29 menit saat memutar video 800 x 480 piksel secara berulang-ulang berkonfigurasi volume dan kecerahan maksimal ditambah dengan penarikan newsfeed dari Facebook, Twitter dan email via koneksi Wi-Fi.

Dengan kemampuan layar yang jauh dari sempurna dan performa kurang istimewa, Acer mencoba menonjolkan kemampuan Liquid Z520 dengan fitur DTS dan desain unggulan sebagai daya tarik sendiri.

 

Spesifikasi Acer Liquid Z520

 Layar

 5 inci, 720 x 1280 piksel, IPS LCD
 OS  Android 4.4.2 KitKat
 Memori  Internal 8 GB, RAM 1GB, MicroSD hingga 32 GB
 Harga  Rp. 1.700.000
 Rating  8,5 Dari 10,0