Hands-on: Apple iPhone XS dan XS Max

Hands-on: Apple iPhone XS dan XS Max

Setelah melewatkan model ‘s’ tahun lalu, kini Apple kembali ke jadwal regulernya dengan iPhone XS dan XS Max. Jika familier dengan cara yang biasa dilakukan Apple, itu berarti model tahun ini berpenampilan nyaris serupa dibandingkan dengan model tahun lalu dan hanya dibedakan oleh spesifikasi hardware di dalamnya. Paling tidak tahun ini, XS Max memiliki satu hal menonjol yakni ukuran yang jauh lebih besar daripada iPhone X.  

Dengan layar berukuran masif 6,5-inci – layar terbesar yang pernah disematkan Apple di smartphone – Max merupakan model Plus di lini iPhone 2018. Sandingkan XS Max dengan iPhone 8 Plus, keduanya memiliki ukuran nyaris sama. Layar XS Max hadir dengan resolusi 2688 x 1242 pksel (~458 ppi), sedangkan XS mengusung ukuran layar 5,8-inci seperti iPhone X tahun lalu. Resolusi 2436 x 1125 piksel )~458) pada iPhone XS berarti Anda bisa mendapatkan ketajaman dan kejernihan yang sama di kedua ukuran layar. Layar iPhone XS maupun XS Max terlihat lebih cerah daripada pendahulunya berkat peningkatan retang dinamik hingga 60 persen.

Menurut Apple, iPhone XS dan XS Max menggunakan material kaca baru yang tahan banting sehingga tidak mudah pecah maupun tergores. Kedua smartphone tersebut juga hadir dengan rating IP68 (meningkat dari rating IP67 sebelumnya) yang membuat keduanya setara dengan Samsung Galaxy Note9 dan mampu terendam di dalam air sedalam 2 meter hingga 30 menit.

Apple menghadirkan varian warna baru di lini iPhone XS dan XS Max yakni warna emas yang terlihat memikat. Warna emas tersebut bukan sama sekali baru di lini iPhone (lima tahun lalu iPhone 5s tersedia dalam varian warna emas), tapi warna emas kali ini terlihat berbeda daripada warna emas yang pernah dihadirkan Apple. Emas aluminium yang digunakan pada iPhone sebelumnya selalu terlihat kurang mencolok karena sentuhan semi-matte, tapi sasis stainless steel iPhone XS dan XS Max membuat warna emas terlihat bersinar dengan kilau serupa cermin yang akan menarik perhatian. Untuk pertama kalinya, Anda bisa memiliki smartphone yang benar-benar seperti terbuat dari emas.

Selain ukuran layar, iPhone XS dan XS Max mengusung spesifikasi identik, sehingga tidak seperti iPhone sebelumnya yang hanya menyediakan konfigurasi kamera ganda pada model berukuran layar lebih besar, pada iPhone XS dan XS Max Anda mendapatkan fitur serupa. Kedua iPhone XS menggunakan prosesor A12 Bionic yang merupakan chip smartphone yang dibuat dengan teknologi pemrosesan 7 nm dan mengusung prosesor neural octa-core yang ditingkatkan (naik dari prosesor dual-core di iPhone X). Prosesor baru A12 Bionic diklaim 15% lebih cepat daripada prosesor A11 dan bisa mempercepat membuka aplikasi hingga 30%.

Apple memamerkan kekuatan prosesor barunya melalui demo game mendatang dari Bethesda yakni The Elder Scrolls Blades. Game tersebut menampilkan kualitas grafis sekelas PC dan terlihat sangat memukau. Kami melakukan sesi singkat bersama game tersebut di area demo dan terpukau tidak hanya oleh kualitas grafis, tapi betapa lembut jalannya game.

Kamera belakang juga mengalami peningkatan, di antaranya ukuran piksel lebih besar pada lensa sudut lebar dan aperture lebih lebar pada lensa telefoto. Portrait Mode juga telah ditingkatkan dengan fitur baru pengaturan kedalaman bidang (depth-of-filed) yang bisa Anda atur jumlah efek bokeh setelah gambar diambil. Anda bisa menggunakan aperture mulai f/1.4 hingga f/16.

Ada pula mode baru Smart HDR yang menggabungkan banyak gambar dengan eksposur berbeda untuk mendapatkan foto sempurna. Kami sudah menemukan fitur serupa di smartphone unggulan terbaru besutan Samsung.

Di depan, kamera depan mengusung sensor 7-megapiksel dan lensa f/2.2. Sistem True Depth (proyektor dot, kamera inframerah, flood illuminator) sebagai pendukung fitur Face ID.

Pre-order iPhone XS dan XS Max dimulai pada 14 September dan akan dikirimkan pada 21 September dalam varian warna Silver, Space Grey, dan Gold.

  • iPhone XS 5,8-inci memiliki harga mulai S$1649 (~Rp. 17,7 juta-an) untuk model 64 GB, S$1889 (~Rp. 20,3 juta-an) untuk model 256 GB, dan S$2199 (~Rp. 23,6 juta-an) untuk model 512 GB.
     
  • iPhone XS Max 6,5-inci memiliki harga S$1799 (~Rp. 19,3 juta-an) untuk model 64 GB, S$2039 (~Rp. 21,9 juta-an) untuk model 256 GB, dan S$2349 (~Rp. 25,2 juta-an) untuk model 512 GB.

Untuk informasi lebih banyak tentang iPhone terbaru besutan Apple, baca juga artikel di bawah ini: