Hands-on: Notebook Gaming Berkekuatan Tinggi, MSI GT75VR

Hands-on: Notebook Gaming Berkekuatan Tinggi, MSI GT75VR

Tidak ada backpack VR mewah tahun ini, MSI kembali ke ranah notebook dengan mengumumkan tidak hanya satu melainkan tiga notebook gaming di Computex 2017. Notebook unggulan dari ketiganya adalah GT75VR Titan. Notebook ini berkekuatan tinggi dan dipenuhi fitur yang akan diapresiasi dengan baik oleh gamer. 

Kita mulai dengan layar. GT75VR Titan dilengkapi dengan layar 17,3 inci dan gamer bisa memilih tiga opsi berikit:

  • Panel layar TN Full-HD dengan refresh rate 120 Hz dan waktu respon 3 ms.
  • Panel layar IPS Full-HD.
  • Panel layar 4K UHD yang mendukung 100% rentang warna Adobe RGB.

Untuk prosesor, GT75VR Titan dilengkapi dengan prosesor quad-core kelas atas Intel Core i7-7820HK (2,9 GHz, 8 MB L3 cache) dan memori RAM DDR4 dengan kapasitas hingga 64 GB.

Menurut MSI, prosesor tersebut bisa dengan mudah di-overclock hingga 4 GHz berkat sistem pendingin terbaru MSI bernama MSI Cooler Boost Titan. MSI Cooler Boost Titan merupakan salah satu sistem pendingin paling lengkap yang pernah kami temukan pada notebook. Sistem pendingin tersebut dilengkapi dengan dua kipas yang memiliki bilah khusus yang diklaim mampu meningkatkan tekanan udara hingga 30%. Selanjutnya, tersedia 12 heatpipe untuk membantu pelepasan panas yang lebih baik. Terakhir, CPU dan GPU masing-masing mendapatkan modul pendingin tersendiri. Hasil akhirnya adalah saat beban tinggi, GT75VR Titan akan berjalan sekitar 10 derajat Celcius lebih dingin daripada notebook sekelasnya.

Kekuatan grafis secara eksklusif menggunakan NVIDIA dan pengguna bisa memilih opsi satu GeForce GTX 100, satu GeForce GTX 1080, atau dua GeForce GTX 1070 dalam konfigurasi SLI.

Untuk penyimpanan, pengguna bisa memilih konfigurasi media penyimpanan MSI Super RAID 4 yang meliputi dua media penyimpanan NVMe PCIe 3.0 x4 dalam konfigurasi RAID 0 atau RAID 1 dan HDD 2,5 inci terpisah. Jadi, seperti yang Anda lihat, GT75VR Titan menjanjikan performa gesit.

MSI GT75VR juga mengusung keyboard mekanis SteelSeries. Ini bukan notebook MSI pertama yang mengusung keyboard mekanis, tapi tata letak keyboard di GT75VR Titan lebih nyaman. Sandaran tangan sedikit lebih tinggi agar aktivitas mengetik lebih nyaman. Keyboard mekanisnya juga dilengkapi dengan pencahayaan RGB yang bisa diatur dan dikustomisasi per tombol. 

MSI tidak menyebutkan saklar yang digunakan, tapi terasa lebih kaku dari pada saklar Cherry MX Red dan Black. Hal lain yang kami temukan adalah respon cepat pencahayaan RGB terhadap input.

MSI tidak mengungkapkan dimensi maupun bobot GT75VR Titan, tapi yang pasti bukan tipe notebook yang Anda jinjing setiap hari. Oleh karena mengusung keyboard mekanis, maka ketebalannya sekitar 30 hingga 40 mm dengan bobot sekitar 3,5 kg. Meski demikian, GT75VR Titan terlihat lebih ramping dibandingkan dengan MSI GT80 yang mengusung keyboard mekanis pula.

Belum ada informasi seputar harga dan ketersediannya di pasar lokal, tapi yang pasti mengusung harga premium.