Hiburan dan Produktivitas - Microsoft Lumia 640 XL Dual SIM

Microsoft Lumia 640 XL Dual SIM

Sudah dapat ditebak bahwa draft “XL” pada Lumia 640 XL menggambarkan sesuatu yang besar. Dan “XL” di sini mewakilkan ukuran layar yang besar. Mengusung bentang layar 5,7 inci, Lumia 640 XL ditujukan untuk Anda yang ingin mengakses internet, menonton video, ataupun menghasilkan produktivitas kerja di layar besar.

Smartphone ini hadir dengan material matte sehingga sama sekali tidak meninggalkan bekas sidik jari. Bagian depan Lumia 640 XL dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 3 secara keseluruhan sehingga ketika smartphone dengan resolusi layar HD ini dalam keadaan mati, Anda nyaris tidak akan melihat bezel-nya.

Dari sesi kamera, Lumia 640 XL dilengkapi dengan kamera belakang 13 MP dan kamera depan 5 MP. Di dalam ruangan dengan penerangan cukup, kamera belakang Lumia 640 XL menghasilkan gambar yang cukup bagus. Namun pada ruangan remang, kamera tersebut menampilkan gangguan noise relatif banyak.

Di tangan kami, meski berukuran besar, Lumia 640 XL tidak terasa berat dengan rancang bangun yang solid. Keempat sudut smartphone dibuat agak melengkung, namun pada bagian belakangnya tidak berbentuk melengkung secara dinamis sehingga smartphone yang berbobot 171 gram tersebut kurang nyaman di genggaman tangan kami dalam waktu lama. Dirancang tidak berdesain unibodi, Anda dapat melepas cover belakang Lumia 640 XL dan mengakses kartu SIM dan microSD. Perlu diingat bahwa Anda harus melepas baterai terlebih dahulu sebelum mengakses microSD. Meski hanya mengusung penyimpanan internal 8 GB, Lumia 640 XL mendukung microSD hingga 128 GB.

Walau tidak mereproduksi warna sepekat layar OLED pada beberapa smartphone Lumia terdahulu, layar Lumia 640 XL menghadirkan warna cerah dan kami tetap dapat melihat konten pada layar meski berada di bawah terik matahari.

Dipersenjatai prosesor Qualcomm Snapdragon 400 1,2 GHz quad-core dan RAM 1 GB, Lumia 640 mencetak skor 11701 pada aplikasi AnTuTu Benchmark. Ketika mengujinya dengan bermain game Beach Buggy Racing, smartphone tersebut sesekali mengalami gangguan lag meski dalam mengaturan grafik medium. Terlepas dari itu, dengan layarnya yang besar dan telah dioptimalkan untuk produktivitas, kami sangat leluasa ketika mengakses aplikasi Office.

Dengan kapasitas baterai 3.000 mAh, Lumia 640 XL mampu bertahan selama 8 jam 26 menit dalam pengujian baterai dengan konfigurasi pemutaran video 1.280 x 720 piksel berulang-ulang dengan volume dan kecerahaan maksimal ditambah dengan penarikan newsfeed dari Facebook, Twitter, dan email via Wi-Fi.

Dengan demikian, meski performa bukan nomor satu pada Lumia 640 XL Dual SIM tetapi smartphone ini menyuguhkan pengalaman ekstra saat mengakses internet, menyiapkan presentasi dadakan, dan lain-lain.

Spesifikasi Microsoft Lumia 640 XL dual SIM
JARINGAN 3G/2G Dual SIM
OS Microsoft Windows Phone 8.1
RAM 1 GB
HARGA Rp. 2.999.000.
RATING 8,5 dari 10,0