Intel Ungkap Prosesor Mobile Intel Core G-series dengan GPU Radeon RX Vega M

Intel Ungkap Prosesor Mobile Intel Core G-series dengan GPU Radeon RX Vega M

Intel akhirnya membuka tabir prosesor mobile seri baru Core generasi ke-8. Chip Core G-series merupakan upaya pertama Intel yang membenamkan prosesor, kartu grafis diskrit, dan High Bandwidth Memory generasi kedua (HBM2) dalam satu paket tunggal, sebuah pendekatan desain yang memungkinkan penghematan ruang secara signifikan dan manajemen daya dinamis.

Hasilnya adalah laptop gaming lebih tipis dan ringan yang menjadi tren setelah munculnya teknologi NVIDIA Max-Q.

Menariknya, AMD menjadi pemasok kartu grafis diskrit yang tertanam di dalamnya, sebuah kerjasama mengejutkan yang pertama kali diumumkan Intel di November tahun lalu.

CPU, GPU, dan HBM2 pada satu paket

Grafis Radeon RX Vega M terhubung ke prosesor via 8 jalur PCIe yang disebutkan Intel menyediakan bandwidth yang diperlukan untuk menghindari throttling GPU saat beban kerja tinggi.

Terdapat dua varian berbeda dari Vega M – Radeon RX Vega M GL dan Vega M GH. Versi GL yang hemat daya akan ditemukan pada chip G-series dengan TDP 65 Watt, sedangkan Vega M GH akan tertanam pada chip dengan TDP 100 Watt, beberapa di antaranya mendukung overclocking CPU, GPU, dan memori HBM2.

Paket die tersebut mengusung HBM2 4 GB, terhubung ke GPU oleh Intel Embedded Multi-Die Interconnect Bridge (EMIB). Prosesor seri G ini merupakan komponen konsumen pertama yang menggunakan EMIB dan teknologi tersebut merupakan komponen utama bagi Intel untuk mengurangi ukuran die.

EMIB menyediakan interkoneksi dengan bandwidth dan densitas tinggi antar die dan tidak menggunakan jalur PCIe tradisional atau interposer silikon apa pun. Penghematan jalur tersebut berperan besar terhadap mengecilnya ukuran paket dengan penghematan hingga 1900 mm2 menurut Intel (dibandingkan dengan implementasi CPU, GPU, dan memori sebagai paket tersendiri). 

Bahkan, profil CPU dan GPU hanya setebal 1, mm.

Intel mengatakan chip baru ini akan memungkinkan perangkat kelas enthusiast memiliki ketebalan kurang dari 1 mm dan menawarkan daya tahan baterai hingga 8 jam dalam sekali pengisian ulang baterai. Itu berarti sistem gaming yang siap mendukung VR dan juga kemampuan menangani beban kerja kreator konten.

Prospeknya memang menggiurkan dan Intel bahkan mengklaim performa lebih tinggi sekitar 13 persen dibandingkan Core i7-7700HQ yang dipasangkan dengan NVIDIA GeForce GTX 1060 Max-Q di game Deus Ex: Mankind Divided.

Grafis Vega M GH mengusung 24 Compute unit (CU) dan frekuensi boost hingga 1190 MHz. Ia juga mengusung Vega Pixel Engine baru yang pertama kali diperkenalkan pada GPU AMD Vega versi desktop PC.

Tapi yang menarik adalah keberadaan GPU dan subsistem multimedia yang terpisah dan fungsional.

Display engine tersebut tersusun dari Intel graphic display engine dan Radeon yang menyediakan dukungan hingga 6 monitor dan HDR10. Di sisi lain, multimedia engine menyediakan hardware khusus untuk encoding dan decoding 4K60 via Radeon Multimedia Engine, serta menawarkan fitur berbasis Intel seperti Quick Sync.

Anda bisa mendapatkan efisiensi daya dari desain tersebut, sebagian karena ada lebih banyak opsi untuk menyeimbangkan daya antara keduanya.

Berbagi daya antara CPU dan GPU

Prosesor G-series hadir dengan fitur utama berjuluk Intel Dynamic Tuning. Fitur ini merupakan sebuah kerangka kerja pembagian daya kustom di tingkatan hardware dan software, membutuhkan driver kustom dan antarmuka dengan GPU dan memori HBM2.

Singkatnya, fitur tersebut menyeimbangkan daya antara prosesor dan subsistem grafis untuk mencapai tingkatan performa yang sama tapi dengan konsumsi daya lebih rendah. Pengimplementasian tersebut merupakan yang pertama pada CPU dan GPU.

Itu berarti temperatur real-time, pasokan daya, dan manajemen performa yang penting untuk membangun sistem yang lebih tipis dan ringan. Selain itu, para pabrikan memiliki kendali terhadap rasio pembagian daya antara CPU dan GPU berdasarkan peruntukkan beban kerja setiap sistem.

Lima SKU berbeda

Prosesor G-series akan tersedia di model Core i5 dan Core i7, termasuk satu SKU vPRO di Core i7-8706G.

Penting untuk untuk dicatat bahwa Intel tidak menyiapkan chip baru ini untuk menggantikan prosesor H-series. Intel menyediakan lebih banyak opsi bagi para OEM untuk menciptakan mesin lebih bertenaga dan ultra-portabel, sembari tetap memberikan peluang mendorong performa dengan prosesor H-series dan kartu grafis diskrit. Itu tidak terbatas hanya untuk laptop gaming dan Anda bisa mengharapkan convertible 2-in-1 dan mini PC dengan chip baru tersebut.

Kita juga tidak perlu menunggu lama untuk menyaksikan aksi chip ini karena Dell dan HP telah menyiapkan laptop dengan prosesor G-series. Jika tersedia, prosesor baru ini bisa memanfaatkan utilitas overclocking dari AMD dan Intel seperti Intel XTU dan Radeon WattMan.

Selain itu, seluruh fitur Radeon Adrenalin Edition telah didukung dan Anda bisa menikmati jajaran fitur seperti Radeon Chill, Radeon ReLive, dan FreeSync. Intel bahkan berkomitmen menyediakan day zero driver untuk mendukung game terbaru saat dirilis.

Berikut sekilas spesifikasi masing-masing chip dan dua varian Vega M: 

Spesifikasi Prosesor Intel G-series
  Base/ Turbo Boost 2.0 clock Core/Thread Cache Tipe Memori Grafis Diskrit Overclocking Prosesor/Grafis & memori Overclocking GPU Diskrit & HBM2 TDP
Intel Core i7-8809G 3,1 GHz/4,2 GHz 4/8 8 MB Dual-channel DDR4-2400 Radeon RX Vega M GH Ya Ya 100 Watt
Intel Core i7-8709G 3,1 GHz/4,1 GHz 4/8 8 MB Dual-channel DDR4-2400 Radeon RX Vega M GH Ya Tidak 100 Watt
Intel Core i7-8706G 3,1 GHz/4,1 GHz 4/8 8 MB Dual-channel DDR4-2400 Radeon RX Vega M GL Ya Tidak 65 Watt
Intel Core i7-8705G 3,1 GHz/4,1 GHz 4/8 8 MB Dual-channel DDR4-2400 Radeon RX Vega M GL Ya Tidak 65 Watt
Intel Core i5-8305G 2,8 GHz/3,8 GHz 4/8 6 MB Dual-channel DDR4-2400 Radeon RX Vega M GL Tidak Tidak 65 Watt

 

Spesifikasi grafis Radeon RX Vega M
  Unit Komputasi Prosesor Stream Base/Boost clock Bandwidth Memori Performa SP Puncak Unit Tekstur ROP Cache Bandwidth Tinggi Lebar Bus Memori
Radeon RX Vega M GH 24 1536 1063 MHz/1190 MHz 204,8 GB/detik

3,7 TFLOPS

96 64 4 GB HBM2 1024-bit
Radeon RX Vega M GL 20 1280 931MHz/1011 MHz 179,2GB/detik 2,6 TFLOPS 80 32 4 GB HBM2 1024-bit