Mengenal Lebih Dekat Sony Xperia Z5 Compact

Mengenal Lebih Dekat Sony Xperia Z5 Compact

 

Belum ada setahun sejak peluncuran Xperia Z3+, kini Sony menghadirkan kembali keluarga smartphone flagship mereka, Xperia Z5. Bisa dibilang Z5 merupakan upgrade terbesar sejak Z1 lantaran dilengkapi dengan kamera 23 megapiksel dengan otofokus hibrida 0,03 detik, integrasi pemindai sidik jari di tombol daya sebelah kanan, dan memory cache inovatif yang terdapat di teknologi layar sehingga mampu meminimalisir render yang tidak perlu. Dengan demikian, Sony mengklaim daya tahan baterai smartphone tersebut hingga dua hari.

Keluarga Xperia Z5 hadir dengan beberapa versi, salah satunya adalah Xperia Z5 Compact. Selain layarnya yang berukuran lebih kecil (4,6 inci) beresolusi HD dan RAM 2 GB, Z5 Compact memiliki fitur yang sama seperti Xperia Z5 dan Xperia Z5 Premium.

Salah satu daya tarik Xperia Z5 Compact dari segi desain adalah smartphone tersebut dibalut bodi yang terbuat dari material matte frosted glass. Selain sangat nyaman digenggam dan meningkatkan nilai estetika, desain ini juga sangat ampuh menghindari noda sidik jari dibandingkan dengan material mengkilap pada smartphone Xperia Z sebelumnya.

Perubahan yang terlihat lainnya adalah tidak ada lagi tombol daya berbentuk melingkar khas Sony, lantaran diganti dengan desain memanjang. Tentu saja, alasan perubahan bentuk tombol daya tersebut adalah demi dukungan sensor sidik jari yang terintegrasi pada tombol daya tersebut. Seperti keluarga Xperia Z sebelumnya, Anda akan melihat tombol volume dan tombol shutter di sisi kanan smartphone. Namun menurut kami tombol volume pada Xperia Z5 Compact berlokasi terlalu di bawah sehingga kami merasa tombol tersebut agak sulit diakses ketika Anda menggenggam smartphone ini menggunakan tangan kanan. Xperia Z5 Compact juga dilengkapi dengan speaker stereo menghadap ke depan serta mendukung High Resolution Audio melalui codec LFAC.

Seluruh lini smartphone Xperia Z memang tahan terhadap air dan debu tidak terkecuali Xperia Z5 Compact yang menganut rating IP65 dan IP68, yang menjadi rating tertinggi dalam skala IP. Salah satu peningkatan baru yang terjadi sejak Z3+ adalah port USB tanpa tutup. Artinya, satu-satunya penutup yang harus Anda pastikan tertutup rapat untuk menghindari masuknya air atau debu adalah penutup slot nano SIM dan microSD.

Untuk performa kamera, seperti yang kami sudah katakan sebelumnya, Sony Xperia Z5 Compact (dan lini Xperia Z5 lainnya) dilengkapi dengan sensor 23 megapiksel dan sistem otofokus hibrida 0,03 detik. Selain itu, Xperia Z5 Compact dilengkapi pula dengan lensa Sony G f/2.0 serta banyak teknologi yang diambil dari kamera Sony α series. Performa ketika memotret di dalam keadaan minim cahaya juga bisa dibilang unggul lantaran kamera Z5 Compact dapat mendukung hingga ISO 12.800, yang menjadi ISO tertinggi dalam hal kamera smartphone. Tentu saja, Sony tidak luput mengintegrasikan teknologi SteadyShot OIS demi meminimalisir gambar blur yang dikarenakan oleh getaran tangan saat memotret.

Sony Xperia Z Compact tersedia dalam warna Graphite Black, White, Yellow, dan Coral serta dibanderol dengan harga Rp 7.999.000.

 

Berikut spesifikasi Sony Xperia Z5

Prosesor : Qualcomm Snapdragon 810 octa core 64 bit
RAM : 2 GB
Penyimpanan Internal : 32 GB
Penyimpanan External : hingga 200 GB (via slot microSD)
Layar : 720 x 1.280 piksel
Sistem Operasi : Android 5.1 Lollipop
Baterai : 2700 mAh
Kamera Depan : 5 Megapiksel dengan sudut lebar 25 mm
Kamera Belakang : Sony Exmor RS 1/2,3 inci 23 megapiksel
Dimensi : 127,3 x 64,7 x 8,99 mm
Bobot : 138 gram