MSI Z170A GAMING M9 ACK - Manjakan Gamer dan Overclocker

MSI Z170A GAMING M9 ACK - Manjakan Gamer dan Overclocker

 

 

 

MSI Z170A GAMING M9 ACK menjadi model teratas di keluarga seri motherboard Enthusiast GAMING yang kini memiliki inisial M (Master) untuk membedakan diri dari motherboard bertemakan gaming besutan pesaing. Mengusung nama GAMING, maka tak salah jika Anda menduganya menyajikan banyak fitur pendukung gaming. Namun seperti seri di bawahnya yakni M7, Z170A GAMING M9 ACK menyajikan pula fitur overclocking yang bisa Anda lakukan dengan mudah melalui sebuah knob.

Knob berjuluk Game Boost yang tersedia pula di seri M7 dan Titanium Edition ini menawarkan kemudahan overclocking hingga 5 GHz hanya dengan memutar knob berisi 8 tingkatan. Namun, Anda mesti melakukan reboot sistem untuk menerapkan overclockingkarena knob Game Boost mengubah seting BCLK. Guna mendukung performa overclocking dan gaming, Z170A GAMING M9 ACK hadir dengan desain daya 11 fasa serta dukungan komponen Military Class 5 yang berisi choke titanium dan kapasitor Hi-C CAP untuk meningkatkan efisiensi dan kapasitor hitam Dark CAP. Jika overclocking tidak berjalan mulus, tersedia sebuah portUSB yang disiapkan untuk fitur BIOS Flashback+. Sayangnya, untuk motherboard kelas atas, MSI tidak melengkapinya dengan BIOS ganda.

Seperti seri di bawahnya, Z170A GAMING M9 ACK hadir dengan skema warna merah dan hitam pada heatsink dan hitam matte di papan PCB. MSI telah menyiapkan pipa jalur pendingin cair pada heatsink VRM jika Anda membutuhkannya. Empat slot memori DDR4 berfitur DDR4 Boost yang memiliki jalur sirkuit bebas interferensi di atas PCB guna mencapai performa dan stabilitas maksimal. Pemisahan sirkuit elektronik juga diterapkan pada komponen audio Xtreme Audio DCA berkelengkapan prosesor audio C-Media CM6632A HD Audio dan DAC ESS Sabre 9016K2M & 9006AS serta dukungan Nahimic Audio Enhancer.

Tersedia enam port SATA 6 Gbps yang hanya disediakan oleh chipset Z170, empat di antaranya disiapkan untuk dua port SATA Express. Pilihan antarmuka penyimpanan lainnya termasuk dua soket M.2 yang mendukung tipe 2242/2260/2280. Tiap soket M.2 berbagi jalur PCIe dengan satu port SATA Express dan dua port SATA. Artinya, Anda tidak bisa menggunakan dua perangkat penyimpanan M.2 jika menggunakan pula port SATA Express. Meskipun tidakmenggunakan port SATA Express, Anda kehilangan dua port SATA saat menggunakan dua soket M.2.
Tiga slot PCIe 3.0 x16 (x16/x8x4x8/x8x8) yang tersedia mendukung 2-Way SLI atau 2-Way CrossFire. Terlihat dari kelengkapan pelindung metal Steel Armor, MSI menyeiapkan slot PCIe 3.0 x16 pertama dan ketiga untuk konfigurasi kartu grafis ganda. Jarak tiga slot di antara kedua slot PCIe 3.0 x16 memberikan ruang lebih lega bagi konfigurasi dua kartu grafis untuk “bernafas”.

Dua port USB 3.1 masing-masing Type-A dan Type-C pada panel I/O belakang disedikan oleh kontroler ASMedia. Selain satu port Gigabit LAN Killer LAN E2400, Z170A GAMING M9 ACK menyediakan pula Wi-Fi 802.11acmelalui modul 2x2 Killer Wireless-AC 1535. Keduanya bisa bekerjasama menyajikan fitur Killer Double Shot Pro yang menawarkan kecepatan throughput hingga 1867 Mbps asalkan telah tersedia infrastruktur jaringan Wi-Fi AC di rumah Anda.

MSI Z170A GAMING M9 ACK menyajikan jajaran fitur gaming dan overclocking yang tidak jauh berbeda dibandingkan dengan seri M7 di bawahnya. Namun tambahan opsi konektivitas nirkabel Wi-Fi AC dan fasilitas pendingin cair tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi gamer maupun overclocker.