Review – Apple iPhone XS dan XS Max: Evolusi X


Pengantar & Desain

Kini tersedia opsi baru media penyimpanan 512 GB, prosesor A12 Bionic yang dibuat dengan proses pabrikasi 7 nm, speaker lebih kencang, peningkatan kamera belakang, dan layar lebih baik. Jika Anda mencari penampilan yang berbeda dari pendahulunya, iPhone XS Max mampu tampil menonjol karena kini berukuran jauh lebih besar.

Berikut perbandingan singkat keduanya dengan kapasitas media penyimpanan 256 GB:

 
Sistem operasi iOS 12 iOS 12
Prosesor Apple A12 Bionic hexa-core Apple A12 Bionic hexa-core
Memori RAM 4 GB RAM 4 GB
Layar Ruper Retina 5,8-inci HD / 2436 x 1125 piksel (458 ppi) / OLED Super Retina HD 6,5-inci / 2688 x 1242 piksel (458 ppi) / OLED
Kamera
  • Belakang: Dual 12-megapiksel, (f/1.8, 28 mm & f/2.4, 56 mm) dengan otofokus phase detection, OIS, dan quad LED flash (dual-tone)
  • Depan: 7-megapiksel, f/2.2 kamera FaceTime HD
  • Belakang: Dual 12-megapiksel (f/1.8, 28 mm & f/2.4, 56 mm) dengan otofokus phase detection, OIS, dan quad LED (dual-tone) flash
  • Depan: 7-megapiksel, f/2.2 kamera FaceTime HD
Konektivitas
  • Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, 4G+ LTE Cat 16 (hingga 1024 Mbps), dual-band, hotspot, Bluetooth v5.0, A2DP, LE, GPS, GLONASS, konektor Lightning
  • Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, 4G+ LTE Cat 16 (hingga 1024 Mbps), dual-band, hotspot, Bluetooth v5.0, A2DP, LE, GPS, GLONASS, konektor Lightning
Tipe Penyimpanan Internal 256 GB Internal 256 GB
Baterai 2658 mAh 3174 mAh
Dimensi 143,6 x 70,9 x 7,7 mm 157,5 x 77,4 x 7,7 mm
Bobot 177 gram 208 gram

Desain: Warna emas kembali hadir yang kian menarik

Seperti dugaan, iPhone XS dan XS Max terlihat mirip seperti iPhone X. Seperti model ‘S’ lainnya, jika ingin orang lain tahu Anda menggenggam iPhone terbaru, sebaiknya pilih varian warna baru: Emas.

Meskipun Apple telah menghadirkan iPhone berkelir emas, tapi ini kali pertamanya dilekatkan pada material stainless steel yang terlihat sangat memikat. Material stainless steel yang mengilap memancarkan warna hangat dengan jumlah warna kuning yang tepat sehingga tidak terlalu berlebihan. Bagian belakang smartphone dilapisi dengan warna emas mengilap non-metalik karena aksen metal ada pada logo Apple dan iPhone. Biasanya smartphone berwarna emas terlihat feminim, tapi ada kesan maskulin pada warna emas iPhone XS.

Selain warna baru, ada beberapa perbedaan minor lainnya, tapi perubahannya kecil sehingga sulit untuk membedakannya.

Apple iPhone XS memiliki ukuran dimensi yang sama seperti iPhone X dan hanya 3 gram lebih berat. iPhone XS Max di sisi lain kira-kira memiliki ukuran serupa iPhone 8 Plus termasuk bobotnya 208 gram.

Seperti tahun lalu, sasis stainless steel membungkus layar tanpa bezel berukuran 5,8-inci, sedangkan iPhone XS Max mengusung layar besar 6,5-inci. Tidak tersedia tombol home maupun pemindai sidik jari di bagian depan, tapi tetap tersedia notch di bagian atas layar yang berisi seluruh komponen pendukung Face ID:

Bagian belakangnya tetap menggunakan material kaca dan menurut Appla material kaca tersebut (di depan dan belakang) kini berkemampuan paling tahan banting. Penampilan dan rasanya serupa, tapi Apple mengklaimnya lebih tahan terhadap goresan dan pecah.

Smartphone-nya sendiri telah mendapatkan peningkatan durabilitas dan mengusung rating IP68, naik dari IP67. Dengan demikian, iPhone XS dan XS Max mampu berada di bawah air sedalam 2 meter selama 30 menit. IP68 merupakan rating yang sama yang diusung pula oleh Samsung Galaxy S9/S9+ dan Note9.

Sayangnya di bagian belakang smartphone, tonjolan kamera masih terlihat jelas seperti tahun lalu. Meskipun tak menyukai case smartphone, tapi sebaiknya gunakan case agar tonjolan kamera tidak terlalu kentara. Case juga berfungsi melindungi modul kamera yang berukuran beberapa milimeter lebih panjang sehingga case iPhone X tidak bisa digunakan. Bisa, tapi akan ketat sekali.

Di bawah smartphone, tersedia tambahan garis antena di sisi kiri. Garis tersebut merusak simetri karena rongga speaker kiri – yang sekadar dekorasi – telah diperpendek untuk mengakomodasi garis antena seperti yang terlihat pada foto di bawah.

Bagian atas smartphone juga memiliki garis antena tambahan di sisi kanan. Tidak tersedia jack headphone dan Apple tidak lagi menyertakan dongle Lightning-to-3,5 mm dalam paket pembelian. Dongle tersebut kini dijual terpisah dengan harga S$15 (~Rp. 165.000). Anda bisa menggunakan EarPod dengan konektor Lightning.

Yang lainnya tetap sama: tombol volume tetap di sisi kiri dan tombol daya/Siri/Apple Pay tetap di sisi kanan, keduanya tetap berada di lokasi yang sama seperti iPhone X.

Menggenggam iPhone XS dan XS Max

Apple iPhone XS terasa identik dengan iPhone X saat digenggam. Ukuran iPhone XS tidak terlalu besar dan terasa ringkas serta mudah digunakan dengan satu tangan. iPhone XS kini menjadi smartphone terkecil di lini Apple. Banyak pengguna yang menyayangkan hilangnya iPhone berukuran 4,7-inci, tapi bagi sebagian besar pengguna iPhone 6, 7, atau 8, maka iPhone XS seharusnya tidak menjadi menjadi masalah. Ukuran iPhone XS memang lebih besar daripada iPhone 8, tapi tidak terlalu drastis dan layar lebih besar lebih banyak memberikan keuntungan daripada kendala. Perpindahan pengguna dari iPhone 5 ke iPhone 6 lebih terasa signifikan.

Kami menduga iPhone XS Max terasa sedikit berat dalam genggaman (kami merasa iPhone 8 Plus sedikit terlalu besar), tapi akhirnya sangat menyukainya. Ukuran notch pada iPhone XS Max identik dengan iPhone XS sehingga relatif lebih kecil dibandingkan dengan layar (namun sayangnya Apple tidak memanfaatkan ruang ekstra di kedua sisi notch untuk menampilkan lebih banyak informasi). Pada iPhone ‘Plus’ sebelumnya, kami merasa ukuran layarnya tidak perlu membuat smartphone begitu besar, tapi pada iPhone XS Max, layar masif 6,5-inci benar-benar terlihat besar. Ukurannya memang besar, tapi tambahan ukuran layar kini lebih pantas. Bagi penggemar layar besar, Anda akan menyukai iPhone XS Max, karena menjadi salah satu smartphone dengan layar besar saat ini.