Review: D-Link DAP-1665 – Ekspansi Berkecepatan Tinggi

Review: D-Link DAP-1665 – Ekspansi Berkecepatan Tinggi

Konektivitas jaringan nirkabel via Wi-Fi memang sudah menjadi kebutuhan penting di lingkungan rumah. Tapi di sisi lain, kualitas koneksinya terbatasi oleh jarak dan dinding antar ruang di dalam rumah. Perangkat Wi-Fi range extender atau access point menjadi solusi yang hemat biaya untuk memperluas jangkauan sinyal Wi-Fi dari router. Meski demikian, pemilihan perangkat Wi-Fi range extender tidak bisa asal-asalan karena akan memengaruhi kualitas koneksi.

D-Link DAP-1665 merupakan perangkat wireless AC1200 dual band access point yang hadir dengan banyak opsi mode penggunaan. Tidak hanya itu, DAP-1665 telah mendukung standar Wi-Fi AC1200 yang merupakan standar Wi-Fi terkini dengan kecepatan transfer data maksimum hingga 1200 Mbps dari kombinasi dua pita frekuensi yakni 2,4 GHz (300 Mbps) dan 5,0 GHz (867 Mbps). Dengan demikian, Anda bisa menikmati kecepatan transfer lebih tinggi dengan menghubungkan router lawas dengan DAP-1665 untuk mendapatkan kecepatan transfer lebih tinggi dan jangkauan sinyal Wi-Fi lebih luas.

DAP-1665 hadir dalam balutan warna putih yang terlihat elegan dan minimalis dengan sudut membulat dan garis bodi tegas. Dua antena eksternal di belakang memberikan kualitas pemancaran dan penerimaan sinyal Wi-Fi yang lebih baik. Kedua antena bisa dibongkar pasang dan menyediakan fleksibilitas posisi antena. Jajaran indikator LED di sisi depan menyediakan informasi status koneksi nirkabel dan kabel. Di sisi kanan tersedia rongga ventilasi udara dan tombol WPS, serta rongga kunci Kensington karena perangkat Wi-Fi range extender seringkali digunakan di tempat umum.

Menilik ke sisi belakang, selain tombol reset, daya, dan konektor adaptor daya, hanya ada satu port Gigabit LAN. Ketersediaan tombol daya memudahkan proses menyalakan dan memadamkan perangkat. Untuk sebuah perangkat Wi-Fi access point atau range extender, dimensi bodi 147 x 108 x 27,8 mm tergolong bongsor, tapi itu karena DAP-1665 mengusung banyak mode penggunaan. Paling tidak ada 5 mode penggunaan yakni Access Point (AP), Bridge, Bridge with AP, Wireless Client, dan Repeater.

Pada mode Access Point (AP), DAP-1665 berperan sebagai pusat konektivitas nirkabel kepada jaringan LAN yang ada. Untuk mode Bridge, DAP-1665 berfungsi sebagai penghubung antara dua jaringan LAN tanpa perlu menambah kabel. Sedangkan model Bridge with AP, DAP-1665 menyediakan fungsi tambahan sebagai access point nirkabel pada dua jaringan LAN yang terhubung dan Anda bisa mengakses kedua jaringan LAN tersebut secara nirkabel. Mode Repeater akan memperluas jaringan nirkabel yang ada untuk menjangkau area “dead spot”. Lalu untuk mode Wireless Client, DAP-1665 terhubung ke access point lain dan menyediakan akses jaringan serta internet bagi perangkat seperti konsol game maupun pusat multimedia.

Seluruh mode penggunaan tersebut bisa diakses melalui menu seting via antarmuka web setelah memasukkan alamat http://dlinkap pada browser web. Anda akan disambut oleh wizard yang memberikan panduan saat melakukan seting DAP-1665 lengkap dengan gambar grafis untuk kemudahan penyetingan. Pada mode Repeater, Anda bisa memanfaatkan tombol WPS untuk kemudahan menghubungkan router Wi-Fi yang akan diperluas jangkauan sinyalnya. Atau jika ingin melakukan seting secara manual, tersedia beragam opsi pengaturan lebih mendalam yang bisa Anda jelajahi.

Selain fitur Wi-FI Protected Setup (WPS), DAP-1665 menyediakan fitur keamanan enkripsi WPA/WPA2. Selain itu, tersedia fitur MAC address filtering dan opsi untuk tidak menyiarkan SSID guna membatasi akses jaringan nirkabel oleh pihak luar.

Performa yang disuguhkan DAP-1665 boleh dibilang memadai dengan menorehkan kecepatan download sekitar 126 Mbps saat mentransfer file terkompresi RAR berkapasitas 1 GB menggunakan notebook dengan dongle Wi-Fi AC. Tentu saja, hasil yang Anda peroleh bisa saja bervariasi tergantung pada router Wi-Fi yang terhubung ke DAP-1665.

Ditawarkan dengan harga sekitar Rp. 1,7 juta-an, DAP-1665 memang tidak bisa dibilang terjangkau untuk sebuah access point/range extender. Berbekal anggaran serupa, Anda bisa saja mendapatkan router Wi-Fi AC. Namun dengam banyaknya mode penggunaan yang disediakan DAP-1665 dan dukungan standar Wi-Fi 802.11ac 1200, ia bisa menjadi solusi memikat bagi Anda yang ingin menikmati konektivitas Wi-Fi AC1200 berkecepatan tinggi tanpa harus mengganti router Wi-Fi lawas.

  Skor HWM Kelebihan Kekurangan
  • Desain: 8,0
  • Banyak opsi mode penggunaan
  • Satu port LAN
  • Fitur: 8,5
  • Performa mumpuni
  • Harga tinggi
  • Kemudahan: 8,0
  • Desain menarik
 
  • Performance: 8,0
  • Mudah digunakan
 
  • Nilai: 7,5
   
 
  • Total: 8,0