Review Lenovo S60

Lenovo S60 - Layar dan Desain

 

Lenovo S60 hadir dengan desain unibodi rapi dengan ketebalan hanya 7,7 mm. Seluruh bagian sudut S60 dibuat melengkung sehingga terasa nyaman di telapak tangan kami. Meski bodi dari bahan plastik, smartphone ini tidak terlihat murahan karena terasa sangat solid dan memiliki fihishing mengkilap. Namun, bodi tersebut rentan terkena noda sidik jari. Kabar baiknya adalah S60 hadir dengan case plastic transparan dalam paket penjualannya sehingga dapat melindungi dari noda maupun goresan.

Di sisi kiri, Anda akan melihat slot microSD dan slot kartu SIM yang hanya dapat diakses dengan menggunakan pin atau alat sejenisnya. Tombol volume dan tombol daya tertata rapi di tepi sebelah kanan. Lenovo menyediakan tiga tombol sensitive sentuhan di bawah layar S60 sebagai alat navigasi (Back, Home, Option). Namun ketiga tombol tersebut tidak dilengkapi dengan lampu latar sehingga agak sulit mengaksesnya di ruangan minim cahaya. Selain itu, lampu notifikasi LED yang terletak di kanan atas menyala tidak terlalu terang sehingga tidak terlihat jelas ketika berada di luar ruangan.

Lenovo S60 dipersenjatai dengan layar 5 inci beresolusi 720 x 1.280 piksel. Berbekal teknologi IPS, layar ini mereproduksi warna yang sangat cerah meski dilihat dari sudut manapun. Dengan demikian, kami tidak ada masalah mengakses konten di layar meski di bawah terik matahari.

Di dalam desainnya yang ramping, Lenovo S60 dilengkapi prosesor Qualcomm Snapdragon MSM8916 64 bit quad-core dan RAM 2 GB. Dalam uji performa menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, smartphone tersebut mengumpulkan skor 23533, yang menjadikannya berada di atas posisi ASUS ZenFone 5 dan Samsung Galaxy A5. Tidak hanya terpaku dengan nilai benchmark, kami juga menguji Lenovo S60 dengan bermain game Beach Buggy Blitz. Pengalaman selama bermain, kami merasa beberapa kali ada gangguan lag ketika game sedang menampilkan detil tinggi atau ketika ada notifikasi masuk.

Kami pun melakukan uji ketahanan baterai dengan cara memutar video HD secara berulangulang dengan konfigurasi volume dan kecerahan maksimal serta menarik newsfeed Facebook, Twitter, dan email via koneksi Wi-Fi. Hasilnya, baterai S60 yang berkapasitas 2.150 mAh habis dalam waktu 6 jam 38 detik.

Hadirnya S60 menandai bahwa Lenovo memang benar-benar ingin menghadirkan smartphone dengan desain bergaya. Ditambah dengan performa layar mumpuni, dapat dikatakan S60 patut dipertimbangkan bagi Anda yang mencari smartphone dengan desain menawan.

 

Spesifikasi Lenovo S60
LAYAR 720 x 1280 Piksel (294 ppi)
OS Android 5.0.2 Lollipop
BATERAI Li-Po 2.150 mAh
JARINGAN 4G/3G/2G
HARGA Rp. 2.599.000
RATING 8,5 dari 10,0