Ulasan Apple iPhone X: iPhone Masa Depan


Face ID, Kamera TrueDepth, Antarmuka

Face ID dan kamera TrueDepth

Fitur iPhone X lain adalah Face ID dan kamera TrueDepth. Face ID berguna untuk membuka smartphone, menggunakan Apple Pay, mengaktifkan Animoji, dan inilah alasan mengapa ada jeda di layar bagian atas. Apple sangat percaya diri akan Face ID, mereka menghilangkan pemindai sidik jari Touch ID, ketimbang memilih opsi yang lebih aman dengan memindahkannya ke bagian belakang ponsel seperti Samsung.

Jadi apakah Face ID berfungsi? Ya… untuk hampir seluruh bagian. Teknologi di balik Face ID adalah menggunakan sinar IR, dot projector, dan kamera IR, semuanya dikenal dengan “TrueDepth camera” yang berkumpul di atas layar. Ketika Anda mengaktifkan layar, sinar IR juga akan aktif; dan jika kamera IR mendeteksi wajah, dot projector menyorotkan pola 30.000 dot. Kemudian kamera mengambil foto 2D, yang selanjutnya diubah menjadi model kedalaman teknik, dikirim ke chip otentikasi, dan mencocokkan dengan contoh tersimpan. Ini terjadi hanya kurang dari satu detik, dan secara teori, secepat Touch ID.

Mengatur Face ID sebenarnya lebih cepat dan sederhana dibandingkan dengan mengatur Touch ID. Layar ponsel akan menampilkan lingkaran di seluruh wajah Anda, dan cukup menggerakan wajah hingga serangkaian garis berubah menjadi hijau. Lakukan ini dua kali, dan selesai.

Secara umum, Face ID berfungsi dengan sangat baik, angkat ponsel, liat, dan layar akan terbuka – ditandai dengan animasi gembok kecil. Gangguan kecil adalah layar tidak langsung menampilkan home screen seperti Touch ID – Anda harus menggeser layar ke atas.

Meski demikian, Face ID tidak sempurna dan selama beberapa hari kami mengujinya dengan beberapa skenario yang biasanya kami lakukan dengan Touch ID. Biasanya kami meletakan ponsel di atas meja ketika bekerja, tetapi dengan iPhone X kami harus mengangkatnya atau mengarahkan ke arah wajah untuk membuka layar. Dengan Touch ID, kami cukup membiarkannya tetap di atas meja dan membuka menggunakan jari. Kami juga biasanya menarik dari saku dengan ibu jari menekan Touch ID, sehingga layar terbuka ketika saya melihatnya. Namun, dengan X saya harus mengeluarkannya, kemudian melihatnya, lalu menggeser layar ke atas, yang memakan waktu lebih dari biasanya.

Secara keseluruhan, Face ID cukup baik untuk menggantikan Touch ID (dan menurut Apple jauh lebih aman – kecuali Anda memiliki saudara kembar identik), tetapi belum sempurna. Ini juga mengharuskan Anda menjadi terbiasa, dan tentu saja mengubah kebiasaan tertentu.

Animoji

Kami telah melihat fitur Apple Animoji dari belasan orang dalam beberapa waktu terrakhir dan ketika bertanya bagaimana pendapatnya, ada respon berbeda: ‘menyenangkan!’ atau ‘Tidak berguna’. Secara umum, kami menghargai teknologi yang menghadirkan Animoji (pada dasarnya seperti memiliki Xbox Kinectpada ponsel) tetapi sayangnya tidak mendapat perhatian kami untuk waktu yang lama.

Hal yang paling mengesankan tentang Animoji adalah bagaimana kamera TrueDepth mendeteksi mata dan ekspresi wajah. Fitur ini secara sempurna bersinkronisasi dengan animasi dan menangkap nuansa kecil sekalipun dengan sangat baik. jika Anda benar-benar menyukai Animoji, penting diingat bahwa meski Animoji hanya tersedia di iMassage, Anda sebenarnya dapat mengirimnya lewat platform pesan lain dengan menyimpannya sebagai fole MOV dan mengirim sebagai video.

Antarmuka

iPhone X berjalan di atas iOS 11 seperti 8 dan 8 Plus, tetapi ada beberapa penyesuaian – terutama navigasi – untuk menyesuaikan absennya tombol Home.

Di bagian bawah setiap aplikasi Anda akan melihat garis putih. Geser ke atas garis tersebut untuk kembali ke halaman utama, atau geser ke kiri atau ke kanan untuk mengubah antar aplikasi. Untuk membuka panel Notifications, geser ke bawah dari kiri atas. Untuk menjalankan app switcher geser ke atas dari bawah layar dan kemudian lakukan tekanan 3D Touch.

Untuk mengaktifkan mode Reachability, yang menarik atas layar ke bawah untuk penggunaan satu tangan lebih mudah, Anda harus menggeser ke bawah di pinggir bawah layar.

Selain perubahan tersebut, antarmuka X pada dasarnya sama persis seperti 8 dan 8 Plus.