Ulasan Canon Maxify MB5170: Alternatif Printer Laser Bisnis

Alternatif Printer Laser

Canon MB5170 adalah printer multifungsi flagship dari seri Maxify. Dalam hal penampilan, Maxify MB5170 terlihat seperti printer Imageclass ketimbang Pixma, berbentuk kotak dan lebih mengedepankan fungsi ketimbang daya tarik. Sebagai printer inkjet yang menyasar ke bisnis, MB5170 hadir dengan baki input kertas yang mampu menampung sebanyak 250 lembar dan Automatic Document Feeder (ADF) dua sisi yang mampu menampung kertas sebanyak 50 lembar untuk pemindaian bolak-balik lebih cepat. Dan selain mendukung USB 2.0 standar, printer ini juga dapat terhubung ke jaringan kantor Anda via LAN atau Wi-Fi.

MB5170 memiliki keunggulan dari seri Pixma dengan berfokus kepada pencetakan mobile dan dukungan protokol seperti Apple AirPrint dan Google Cloud Print. Aplikasi Pixma/Maxify printing Solution memungkinkan Anda mencetak dari dan menyimpan ke perangkat mobile. Ada pula Pixma/Maxify Cloud Link, sebuah layanan yang memungkinkan Anda  mengakses file di situs media sosial dan provider penyimpanan cloud seperti Dropbox dan Google Drive langsung dari printer. Selain itu, Anda dapat menyimpan hasil pindaian langsung ke penyimpanan cloud atau mengirimnya via email. Dan bahkan Anda dapat memindai atau faks ke folder jaringan untuk diambil kemudian.

Kemudian ada fitur untuk bisnis lainnya seperti Setting dan Operation Restristion. Fitur Settings memungkinkan Anda menentukan password admin pada jaringan Anda dan pengaturan perangkat untuk mencegah akses tidak resmi, sedangkan Operation Restriction membatasi akses pengguna. Contoh, Anda dapat menentukan foto kopi dokumen selalu dicetak hitam-putih, atau membatasi pencetakan dari USB. Pemilik bisnis juga akan menyukai tambahan fitur seperti kemampuan untuk memantau penggunaan dan memogram perangkat untuk aktif atau padam secara otomatis pada waktu tertentu.

Kemampuan MB5170 untuk memulai tugas baru ketika sedang mencetak memang sangat diperlukan dalam sebuah printer yang digunakan untuk banyak orang, dan fitur tersebut merupakan salah satu favorit kami untuk meningkatkan produktivitas.

Dalam hal performa, MB5170 menghadirkan kecepatan cetak dan foto kopi yang gesit dengan kualitas gambar sangat baik. Dalam pengujian yang kami lakukan, printer ini memiliki kecepatan 24,1 ppm untuk monokrom dan 15,5 ppm untuk berwarna. Namun, perlu diingat bahwa rata-rata kecepatan cetak akan berbeda tergantung skenario penggunaan masing-masing. Contoh, kami merasa printer tersebut mencetak lebih cepat ketika mencetak dokumen Word, selanjutnya diikuti oleh PDF dan Excel.

Mesin pencetakan cepat milik MB5170 juga berarti memiliki kecepatan foto kopi yang baik, dan Twin CIS (Contact Image Sensor) memungkinkan pemindaian dua sisi dalam satu kali proses, yang juga menjadikannya cukup cepat ketika melakukan foto kopi dokumen dua sisi.

Printer yang berbobot 11,4 kilogram ini memiliki resolusi pemindaian optik 1.200 x 1.200 dpi. Resolusi tersebut lebih rendah dibandingkan dengan Pixma MX927 yang beresolusi 2.400 x 4.800 dpi yang juga merupakan printer berfokus pada bisnis. MB5170 memang memiliki resolusi lebih rendah dibandingkan dengan printer Pixma tersebut, tetapi MB5170 setara dengan kebanyakan printer multifungsi berbasis laser. Namun, resolusi interpolasi dapat mencapai 19.200 dpi, yang bermanfaat untuk seni garis dan gambar.

Untuk kualitas gambar, awalnya kami sulit membedakan antara hasil MB5170 dan printer laser. Namun pemeriksaan lebih lanjut menampilkan bahwa printer laser memproduksi hasil lebih tajam secara konsisten, tetapi kebanyakan pengguna akan puas dengan hasil MB5170. Teks warna, grafik, dan foto menampilkan gradasi kurang halus, yang mungkin dikarenakan resolusi rendah dan ukuran droplet tinta yang besar. kualitas foto kopi terlihat bagus. Sekali lagi, menampilkan kualitas seperti printer laser multifungsi.

Perlu dicatat bahwa printer Maxify menggunakan tinta berbasis pigmen yang tahan terhadap spidol berwarna dan cipratan air. Kami juga menguji hasil cetak dengan menuangkan secangkir air, dan tidak ada masalah apapun.

Dengan harga Rp 3.500.000, MB5170 bisa dibilang sebagai alternatif printer laser karena menawarkan nilai yang sangat baik untuk fitur dan performa miliknya terutama dalam hal pekerjaan yang menyangkut dokumen.